Lewati Schumacher, Valentino Rossi Pembalap Terhebat Sepanjang Masa

PEMBALAP asal Italia, Valentino Rossi, sudah tidak diragukan lagi sebagai sosok melegenda di ajang MotoGP. Pada usianya yang menginjak angka 41 tahun, Rossi belum berhenti untuk melakoni kariernya sebagai pembalap.

Usia pun seakan tak menghalangi kiprah Rossi untuk terus berprestasi di ajang MotoGP. Meski pada beberapa musim terakhir Rossi tidak tampil begitu gemilang seperti sedia kala, tetapi VR46 masih tetap dianggap sebagai pembalap terhebat sepanjang masa.

Hal itu terlihat dari beberapa catatan yang menyebutkan Rossi sebagai yang terbaik di antara para pembalap di dunia. Bahkan, ia mampu mengungguli legenda balap Formula One (F1) yakni Michael Schumacher.

Jika berbicara mengenai atlet hebat sepanjang masa, ternyata ada nama Pele, Joe Louis, Michael Schumacher, dan Valentino Rossi yang menduduki posisi empat besar. Rossi sendiri berada di peringkat kedua, di bawah pesepakbola Pele.

Jika berdasarkan hitungan prestasi dan penampilan, Pele sendiri berada di peringkat teratas 14,28 persen dengan memenangkan tiga dari 21 titel Piala Dunia. Sementara Rossi berada di urutan kedua dengan angka kemenangan 9,88 persen.

Petinju Joe Louis pun berada di urutan ketiga dengan angka kemenangan 9,45 persen. Sedangkan Schumacher menempati urutan keempat dengan perolehan angka kemenangan 8,8867 persen dari semua balapan F1.

Catatan tersebut merupakan hasil yang gemilang. Meski pada musim depan Rossi tidak akan tampil bersama tim pabrikan Yamaha, tetapi nama Rossi akan tetap dikenang sebagai yang terbaik di dunia olahraga MotoGP.

Pada musim depan, Rossi sendiri masih akan tetap menjalani balapan di usia ke-42 tahun bersama tim satelit Yamaha. Meski belum resmi, tetapi VR46 sudah hampir pasti akan membalap di MotoGP 2021 bersama Tim Petronas Yamaha SRT.

Prestasi lainnya adalah Rossi telah menjalankan balapan ke-405 di semua kelas saat mentas di MotoGP Styria 2020. Sementara gelaran balapan motor di kelas utama telah terlaksana sebanyak 900 kali. Karena itu, Rossi terhitung sudah 45 persen berkompetisi di balapan utama sejak digelar pada 1949.

Kini, Rossi tinggal menantikan waktu yang tepat untuk mengakhiri kariernya sebagai pembalap. Meski belum ada yang rela VR46 meninggalkan kariernya sebagai pembalap, tetapi cepat atau lambat momen itu akan terjadi.

BERITA REKOMENDASI