Rossi, Pembalap yang Paling Sering Menang di Sirkuit Jerez

MOTOGP 2020 bakal segera dimulai dalam waktu dekat. Balapan seri perdana akan digelar di Sirkuit Jerez pada Minggu 19 Juli 2020 malam WIB dengan tajuk MotoGP Spanyol 2020.

Sebelum balapan digelar, mari menilik bersama pembalap yang paling sering mencatatkan kemenangan di Sirkuit Jerez. Untuk perlombaan di kelas MotoGP, pembalap yang paling sering memenangkan balapan ialah Valentino Rossi.

Rossi diketahui berhasil meraih enam kemenangan selama mentas di sirkuit tersebut pada kelas MotoGP. Kemenangan perdananya saat melakoni balapan di Sirkuit Jerez pada kelas MotoGP diraih pada 2002.

Pada musim berikutnya, The Doctor –julukan Rossi– kembali berhasil mempertahankan tren positifnya di Sirkuit Jerez. Kemenangan diraih Rossi setelah bersaing ketat dengan pesaing terberatnya kala itu, yakni Max Biaggi.

Absen semusim, Rossi kembali berhasil menaiki podium pertama pada 2005. Sementara itu, tiga kemenangan lainnya di Sirkuit Jerez diraih pada musim 2007, 2009, dan 2016.

Setelah 2016, Rossi belum lagi bisa meraih kemenangan di Sirkuit Jerez. Musim lalu, pembalap asal Italia itu hanya bisa menyelesaikan perlombaan di sirkuit yang memiliki panjang 4,4 kilometer (km) itu di urutan keenam.

Tetapi, kejutan tentu saja berpeluang besar dihadirkan Rossi pada musim ini dengan kembali menaiki podium pertama di Sirkuit Jerez. Sebab, persiapan matang telah dilakukannya untuk menyambut balapan seri perdana MotoGP 2020.

Rossi telah terus menjalani latihan di berbagai sirkuit di Italia bersama anak-anak asuhnya di Academy VR46 yang kini sudah mentas di MotoGP. Mulai dari Franco Morbidelli hingga Francesco Bagnaia, kerap kali terlihat melakukan latihan bersama.

Di bawah catatan Rossi, ada tiga pembalap yang juga memiliki catatan apik kala mentas di Sirkuit Jerez. Ketiga pembalap tersebut ialah Marc Marquez, Dani Pedrosa, dan Jorge Lorenzo.

Ketiga nama ini berhasil mencatatkan tiga kemenangan selama mentas di Sirkuit Jerez pada kelas MotoGP. Dalam gelaran MotoGP Spanyol 2020 sendiri, Pedrosa dan Lorenzo dipastikan tidak akan mengikuti balapan karena telah memutuskan pensiun.

Jadi, Rossi perlu mewaspadai betul ancaman Marc Marquez yang punya peluang besar menambah catatan kemenangannya di Sirkuit Jerez pada akhir pekan nanti. Apalagi, The Baby Alien –julukan Marquez– tengah diganderungi dengan tren yang begitu positif saat ini dengan telah meraih enam gelar juara di MotoGP.

BERITA REKOMENDASI