Virus Korona Mengancam, F1 GP Australia 2020 Jalan Terus

MELBOURNE, KRJOGJA.com – Gelaran seri perdana F1 2020 di Australia dipastikan akan terus berjalan, meski adanya ancaman virus korona. Kepastian itu disampaikan langsung oleh Promotor F1 GP Australia, Andrew Westacott.

Westacott memastikan nasib balapan seri perdana F1 takkan sama dengan MotoGP. Sebagaimana diketahui, balapan pembuka MotoGP 2020 yang sejatinya digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 8 Maret 2020 telah dipastikan batal digelar.

Hal itu terjadi akibat dampak merebaknya virus korona di beberapa negara. Demi mencegah menyebarnya virus korona ke Qatar, pemerintah setempat pun memberlakukan pembatasan perjalanan dari beberapa negara, salah satunya Italia yang menjadi negara asal banyak staf tim dan pembalap MotoGP.

Mendengar kabar ini, balapan perdana F1 2020 yang dijadwalkan digelar di Sirkuit Grand Prix Melbourne pun diragukan bakal tetap digelar. Sebab, wabah virus korona sendiri diketahui sudah menyebar di Australia. Tetapi, Westacott memastikan bahwa balapan akan tetap digelar sesuai jadwal, yakni pada Minggu 15 Maret 2020.

“Kami memiliki banyak tim dan pembalap dari Italia, banyak mekanik asal Jepang, serta banyak tim dan pembalap dari belahan dunia lain. Mereka masuk dan keluar dari negara itu dan tidak ada masalah. Selama tindakan pencegahan yang masuk akal diambil dan semua saran medis serta pemerintah diikuti, orang-orang juga melakukan hal yang benar, kami harus dapat mengelola acara tersebut,” ujar Westacott, sebagaimana dikutip dari F1i, Senin (2/3/2020).

“Kesehatan dan keselamatan semua orang di Formula 1 Grand Prix Australia 2020 adalah yang terpenting. Grand Prix Corporation Australia memiliki pengaturan kesehatan, keselamatan, dan manajemen darurat yang kuat di setiap acara dan kami akan terus bekerja secara kolaboratif dengan lembaga kesehatan dan pemerintah serta organisasi layanan darurat terkait dalam menangani masalah ini,” lanjutnya.

“Kami terus memantau dengan cermat situasi menjelang Grand Prix dan akan meminta bimbingan dari para ahli, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Victoria dan Nasional dan Komite Kepala Perlindungan Kesehatan Australia. Formula 1 telah mengonfirmasi bahwa Grand Prix Australia akan tetap digelar dan kami menantikan untuk menyambut mereka ke Melbourne dalam satu hingga dua pekan ke depan,” tutup Westacott.

F1

BERITA REKOMENDASI