Yamaha Terancam Penalti, Rossi Santai

Editor: KRjogja/Gus

JEREZ, KRJOGJA.com – Tim Yamaha memang sangat mendominasi jalannya balapan seri kedua MotoGP musim 2020. Bagaimana tidak, para pembalap Tim Yamaha memang mampu menyelesaikan balapan di MotoGP Andalusia 2020 dengan menempati posisi tiga terdepan.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Jerez tersebut, para pembalap Tim Yamaha yang diwakili oleh Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT), Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha), serta Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha) langsung tancap gas sejak lap pertama di mulai. Tidak hanya mendominasi, ketiganya juga saling salip untuk memperebutkan posisi lebih baik.

Ya, baik Quartararo, Vinales, dan Rossi memang sempat terlibat aksi saling salip di awal-awal balapan MotoGP Andalusia 2020. Salah satu aksi seru adalah duel antara Rossi dan Vinales dalam memperebutkan posisi kedua dalam beberapa lap.

Pertarungan itu sendiri akhirnya berhasil dimenangkan Vinales. Meski begitu, prestasi yang didapat Rossi tersebut bisa dikatakan cukup gemilang, mengingat ia belum pernah meraih podium sejak tampil di MotoGP Amerika Serikat 2019.

Dominasi yang ditunjukkan Tim Yamaha seakan-akan menjadi bukti buat akan kehebatan pabrikan asal Jepang tersebut pada kejuaraan dunia tahun ini. Sebab sejak awal musim Tim Yamaha memang sangat berhasrat untuk merusak dominasi Tim Honda bersama Marc Marquez-nya.

Meski berhasil mendominasi MotoGP Andalusia 2020, Tim Yamaha sendiri berpotensi dapat hukuman penalti. Pasalnya sejauh ini Tim Yamaha sudah menggunakan jatah untuk melakukan alokasi mesin yang diperbolehkan dalam satu tahun kejuaraan dunia.

Jika dirincikan, Valentino Rossi sekali melakukan pergantian mesin usai mengalami masalah di seri perdana MotoGP 2020. Hal serupa kini dialami oleh Franco Morbidelli kala gagal menyelesaikan balapan di MotoGP Andalusia 2020.

Bahkan Maverick Vinales jadi pembalap yang sudah melakukan pergantian mesin pada motornya sebanyak lima kali. Pergantian terakhir yang dilakukan Vinales ketika mendengar suara aneh kala menjalani FP3 MotoG Andalusia 2020.

Rossi pun lantas memberikan komentar soal kemungkinan para pembalap Tim Yamaha mendapatkan penalti di MotoGP Republik Ceko 2020. Rossi pun mengaku tidak terlalu memikirkan permasalahan tersebut.

“Saya tidak begitu khawatir, pekerjaanku adalah mendapat hasil bagus di trek. Jika ada masalah, ada dua pekan dan mekanik akan memikirkannya. Sekarang saya tak punya masalah apa-apa dengan mesinnya,” ucap Rossi, seperti disadur dari Corsedimoto, Senin (27/7/2020).

“Saya tidak tahu masalah Morbidelli. Akan tetapi, mekanik sudah melihat kepunyaan saya dan mencoba memperbaikinya. Anda harus hati-hati, tapi saya merasa bahwa Yamaha akan menyelesaikannya,” tuntas pembalap asal Italia tersebut.

BERITA REKOMENDASI