Zarco Banyak Masalah di Tes Pramusim MotoGP Qatar 2018

DOHA (KRjogja.com) – Pembalap Tim Yamaha Tech 3, Johann Zarco, menceritakan pengalamannya menjalani tes pramusim MotoGP Qatar 2018 pada hari pertama. Zarco mengaku sempat menghadapi kendala saat menjalani tes yang digelar pada Kamis 1 Maret 2018 tersebut.

Zarco mengaku tidak bisa tampil pada awal-awal tes. Hal ini terjadi karena set-up yang kurang tepat sehingga membuat tunggangannya tidak kompetitif. Beruntung, dirinya segera menyadari hal tersebut dan meminta para kru untuk memperbaikinya.

Selain itu, Zarco juga mengaku terganggu dengan trek yang berpasir di Qatar. Dengan kondisi tersebut, pembalap asal Prancis itu tidak dapat membalap dengan baik dan harus tercecer di sesi-sesi awal.

Namun, Zarco pantang menyerah. Ia berusaha mempelajari dengan baik kondisi sirkuit agar bisa membuat kendaraannya beradaptasi dengan cepat. Kerja keras Zarco pun membuahkan hasil. Lama-kelamaan, ia dapat membiasakan diri dan tampil apik hingga bertengger di posisi keempat pada daftar hasil tes hari pertama.

"Hari pertama ini berjalan baik. Saya kompetitif. Hasil yang sangat baik ini membuat saya percaya diri, meskipun saya harus menunggu untuk masuk ke jalur karena pasir selalu membuat lintasannya sangat licin,” ujar Zarco, sebagaimana dikutip dari Speedweek, Jumat (2/3/2018).

“Ketika saya mulai bekerja pada pukul 4 sore, saya masih tergelincir. Kami juga sempat memakai set-up yang salah, untungnya kami menyadari dengan cepat. Dengan set-up lama, saya ternyata dapat mengendarai motor dengan baik,” lanjutnya.

"Dibandingkan dengan dua trek terakhir, ban belakang lebih cepat rusak di sini. Itu membuat pekerjaan kami sedikit lebih sulit. Anda dua lap cepat, tapi kemudian kehilangan perasaan. Anda harus menyesuaikan gaya mengemudi dengan ban yang mudah rusak itu. Kondisi ini membuat segalanya menjadi lebih rumit. Namun, kami tetap harus mengerjakannya. Untungnya, basis kami benar. Perasaan saya begitu hebat saat ini," tutur rekan setim Hafizh Syahrin tersebut.

Zarco pun berharap bisa menorehkan hasil yang lebih apik pada tes hari kedua yang berlangsung pada hari ini, Jumat (2/3/2018). Ia akan berusaha sebaik mungkin agar dapat mencatatkan waktu yang lebih apik lagi dari sebelumnya. (*)

BERITA REKOMENDASI