Zarco Kalahkan Rossi, Ini Rahasianya

JEREZ, KRJOGJA.com  – Gelaran seri keempat MotoGP Grand Prix (GP) 2017 di Spanyol resmi ditutup. Dalam balapan di Sirkuit Jerez itu, Johann Zarco berhasil menyelesaikan balapan jauh lebih cepat ketimbang Valentino Rossi. Kedua pembalap tentu menjadi sorotan usai terlibat adu mulut kala balapan di GP Austin. 

Menanggapi hasil itu, manajer Michelin, Piero Taramasso, mengungkapkan alasan Zarco, rookie asuhan Tim Yamaha Tech 3, bisa mengalahkan Rossi, rider kawakan Tim Movistar Yamaha. Sama-sama menggeber motor dengan ban Michelin, ternyata kedua pembalap jagoan masing-masing tim itu punya pilihan ban yang berbeda.

“Valentino dan Maverick (Vinales) melakukan balapan dengan ban depan yang keras, sementara Zarco menggunakan ban depan tipe medium. So, saya kira ini semua menjawab semua perbedaan hasil yang mereka peroleh,” ungkap Taramasso seperti dikutip dari GP One, Rabu (10/5/2017). 

“Ban yang lebih lunak bisa ‘menelan’ aspal lebih dalam, sehingga memberikan daya tarik yang lebih ketika rider melaju di tikungan. Semakin lunak ban juga membuat pembalap tidak kesulitan mengerem,” lanjut sang manajer. 

Dalam balapan di sirkuit sepanjang 4,4 km itu, Zarco berhasil finis urutan keempat. Itu merupakan raihan tertinggi rookie asal Prancis itu dalam gelaran GP 2017. Sementara Rossi terlempar jauh di urutan 10. Berbeda dengan Zarco, The Doctor –julukan Rossi– mengemas hasil terburuknya sejauh ini. (*)

BERITA REKOMENDASI