Zarco Pergi, Yamaha Kehilangan Pembalap Hebat

JEREZ,KRjogja.com – Gelaran kejuaraan MotoGP 2018 memang belum lama dimulai, namun begitu pembalap Tim Yamaha Tech3, Johann Zarco, telah mengambil keputusan untuk hengkang menuju Tim KTM pada musim depan. Hal tersebut kemudian ditanggapi oleh pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang menilai kalau Yamaha kehilangan pembalap hebatnya.

Marquez tidak memungkiri bahwa di musim ini Zarco telah menunjukkan kelasnya sebagai seorang pembalap yang hebat. Terbukti, dari empat seri balapan yang telah dijalani, Zarco sukses mendapatkan dua kali posisi podium dan kini menempati peringkat kedua klasemen sementara MotoGP 2018 dengan 58 poin.

Capaian Zarco tersebut sontak mengejutkan banyak pihak lantaran Rookie of The Year 2017 itu mampu memetik hasil lebih bagus ketimbang dua pembalap tim pabrikan Yamaha, yakni Maverick Vinales dan Valentino Rossi. Maka dari itu, Marquez menilai kepergian Zarco ke KTM musim depan merupakan kerugian bagi Yamaha.

Marquez tidak menampik fakta bahwa pengalaman yang dimiliki Zarco memang masih sedikit, apabila dibandingkan dengan Rossi dan Vinales. Namun, jika melihat performa yang tersaji sekarang, bukan suatu yang salah jika menyebut Zarco sebagai pembalap terbaik Yamaha saat ini. Pembalap asal Prancis itu tampil konsisten dan mendapat hasil bagus, baik pada saat latihan bebas, kualifikasi, maupun balapan.

“Dari pandangan pengamat yang netral, Yamaha kehilangan sorang pembalap yang benar-benar bagus. Maksud saya, dia (Zarco) pergi ke KTM. Saat ini dia adalah salah satu yang tercepat. Tentu saja pengalaman yang dimiliki Valentino benar-benar bagus dan Vinales memiliki kecepatan. Namun, saat ini Zarco melakukan pekerjaan hebat,” ujar Marquez, menukil dari Crash, Kamis (10/5/2018).

“Tentunya terdapat perbedaan gaya balapan di antara mereka. Mungkin yang paling mirip adalah Johann dan Valentino. Maverick memiliki gaya balap yang berbeda. Namun, itu tidak lebih baik atau lebih buruk. Maksud saya, itu berbeda dan terkadang bisa menjadi lebih baik atau lebih buruk,” lanjut The Baby Alien.

“Namun, ini aneh melihat Zarco menjadi yang tercepat di Yamaha dan saya tidak bisa menjawab ini karena bahkan mereka juga tidak bisa menjawabnya padahal mereka memiliki semua data,” tandas Marquez. (*)

BERITA REKOMENDASI