16 Kampus DIY Bersaing Rebut Juara

Editor: Ivan Aditya

YOGYA, KRJOGJA.com – Geliat olahraga futsal di DIY bakal mulai terasa kembali akhir pekan ini. Bertempat di Planet Futsal Ringroad Utara pada 12-13 Mei 2018, sebanyak 16 tim kampus dari seluruh DIY bakal bersaing mencari yang terbaik memperebutkan juara di ajang ‘Mizuno University Futsal Tournament’ (MUFT) 2018.

Brand Communication Mizuno Indonesia, Daniswara Dwi Nugroho mengatakan turnamen MUFT kali ini merupakan yang pertama di DIY setelah tahun 2017 lalu hanya diselenggarakan di Jakarta. Menurut dia, animo tinggi pecinta futsal di berbagai daerah termasuk DIY membuat penyelenggara akhirnya memperluas cakupan ke tiga kota besar lain di Pulau Jawa.

“Tahun 2017 lalu kami hanya selenggarakan di Jakarta dan juaranya STIE Perbanas, yang ternyata muncul banyak pertanyaan kapan diselenggarakan di kota lain. Akhirnya 2018 kami melebarkan sayap ke Yogyakarta, Surabaya dan Bandung,” ungkapnya dalam temu pers, Jumat (11/05/2018).

Pemilihan Yogyakarta sendiri bagi penyelenggara lebih dikarenakan banyaknya kampus termasuk tingginya kecintaan pada olahraga futsal. Mizuno berharap nantinya dari turnamen MUFT bakal muncul bakat-bakat penerus timnas futsal Indonesia.

“Kemarin final liga futsal pro juga di Yogya, animonya luar biasa apalagi banyak sekali kampus di sini. Kami yakin pasti ramai terutama persaingan antar tim dan harapannya bisa dapat bakat baru untuk timnas juga,” sambungnya.

Sementara Al Imam Husein dan Onny Roberth dari penyelenggara di lapangan menambahkan ada 16 kampus yang bakal bersaing di MUFT 2018 Yogyakarta termasuk satu peserta dari Jepara Jawa Tengah. 16 tim bakal bersaing dengan sistem gugur untuk mencari satu terbaik mewakili DIY ke putaran nasional Desember 2018 mendatang.

“Sebanyak 16 tim yakni UNY, UMY, UTY, UPN Veteran, UKDW, Mercu Buana, UGM, APMD, UAJY, UII, AKAKOM, AMIKOM, UIN Sunan Kalijaga, Instiper, Akprind dan UNISNU Jepara sudah memastikan tampil dengan sistem knock out di Planet Futsal. Mereka bermain selama 2×20 menit waktu kotor dan dicari satu juara untuk mendapatkan hadiah Rp 10 juta dan kesempatan mewakili DIY di putaran nasional,” ungkap Al Imam.

Selain bertanding futsal, Mizuno juga memperkenalkan permainan baru yakni Panabattle di mana dua orang berlomba dalam satu area berjuang mengolongi lawan untuk mengumpulkan angka. Games yang menarik dan kerap disebut ‘nutmeg’ ini diharap jadi agenda resmi dan dipertandingkan secara prestasi. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI