3 Tim Liga 1 Main di SSA, Pengelola Fokus Rumput Lapangan

Editor: KRjogja/Gus

BANTUL, KRJOGJA.com – Pengelola Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul akan menyiapkan perawatan ekstra untuk rumput yang akan digunakan untuk pertandingan kompetisi Liga 1 musim 2020 mulai bulan Oktober mendatang. Hal itu dikarenakan terdapat 3 tim yang menggunakan stadion kebanggaan masyarakat Bantul ini.

Menurut Kasi Sarana dan Prasarana Bidang Pemuda dan Olahraga Disdikpora Bantul, Bagus Nur Edy Wijaya, dengan kondisi tiga tim Liga 1 yang akan menggunakan SSA, maka pihaknya perlu mengantisipasi perawatan rumput lapangan.

“Kami sudah mulai mengantisipasi sejak saat ini. Perawatan sudah kami lakukan. Sekarang saja ketika tidak ada yang menggunakan tetap kami rawat. Jadi ketika nanti akan digunakan, apalagi tiga tim, tentu harus ekstra perawatannya,” ujarnya di Bantul seperti dikutip dari harianmerapi.com.

Perawatan rumput lapangan yang dilakukan oleh pengelola SSA, disebutkan Bagus, yakni tak hanya melakukan pemupukan dan penyiaraman. “Bahkan sudah kami lakukan penggantian rumput ketika ada rumput yang dianggap tidak bagus. Jadi memang tetap jalan terus perawatannya meski sedang tidak digunakan,” tuturnya.

Terkait kemungkinan jadwal pertandingan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) diakui Bagus telah mengisyaratkan bahwa terdapat kemungkinan dalam satu hari akan digelar dua pertandingan, yakni sore dan malam hari.

“Mungkin sistemnya ada pertandingan dua kali dalam sehari. Ada jeda untuk istirahat sekaligus perawatan rumput sekitar 3-4 hari karena dari LIB menyampaikan jika pertandingan digelar 4 hari sekali. Dengan waktu seperti itu sepertinya sudah cukup untuk perawatan rumput agar tetap terjaga dengan baik,” akunya.

Terkait fasilitas yang harus dilengkapi, Bagus mengungkapkan bahwa pihaknya perlu menyiapkan ruang ganti tambahan karena terdapat dua pertandingan dalam sehari. “Kalau soal rumput dan lapangan LIB sudah tidak ada masalah. Hanya mungkin tambahan ruang ganti karena ada 4 tim yang akan bermain dalam sehari. Karena dalam kondisi pandemi, mereka juga meminta untuk menyiapkan hand sanitizer di setiap ruang ganti itu,” ungkapnya. (Oro)

BERITA REKOMENDASI