Ahmad Gunarto, Saksi Hidup PSIM ‘Gagal’ Promosi hingga Kenangan Disuntik di Lapangan

YOGYA, KRJOGJA.com – Nama Ahmad Gunarto mungkin tak lagi dikenal penggemar sepakbola PSIM Yogyakarta di masa kini. Namun, pemain yang dikenal punya kecepatan ini merupakan salah satu legenda hidup Laskar Mataram pada periode 1983-1986.

Gunarto, begitu ia akrab disapa merupakan pemain andalan PSIM di sisi penyerangan. Ia pertama kali dipanggil masuk tim senior pada bulan Mei 1983, tepat saat berusia 21 tahun.

Saat itu menurut ingatan Gunarto, PSIM sedang berkutat di Divisi 3 Zona DIY berhadapan dengan tim-tim lain seperti PSS, Persiba Bantul, Persikup Kulonprogo dan Persig Gunungkidul. Pada tahun itu Gunarto ikut mengantarkan PSIM menjuarai zona Jawa Tengah setelah mengalahkan Persiku Kudus dengan skor akhir 2-1.

“Saat itu kita bisa menang di DIY, lalu lanjut ke zona Jawa Tengah dan melawan Persebi Boyolali, PSISra Sragen dan beberapa tim lain. Sampai akhirnya final, menang 2-1 lawan Kudus. Kita bisa lolos nasional, lawan Persiba Balikpapan, Sorong dan Persitara,” ungkap Gunarto ketika berbincang dengan KRjogja.com.

BERITA REKOMENDASI