Aktif di Bursa Transfer, Liverpool Coba Ikuti Jejak Manchester United

LIVERPOOL, KRJOGJA.com – Liverpool cukup aktif di bursa transfer musim panas 2020. Sejauh ini Liverpool telah mendatangkan tiga nama anyar yakni Konstatinos Tsimikas (fullback kiri, Olympiakos), Thiago Alcantara (gelandang, Bayern Munich) dan Diogo Jota (winger, Wolverhampton Wanderers).

Apa tujuan Liverpool mendatangkan sejumlah pemain anyar pada bursa transfer musim panas 2020? Tujuannya jelas supaya mereka dapat melanjutkan dominasi yang tengah mereka bangun di Liga Inggris.

Sebelumnya, pesepakbola legenda Liverpool, Stan Collymore, melayangkan kritik kepada mantan klubnya. Collymore heran melihat aktivitas transfer Liverpool pada musim panas 2019, atau setelah The Reds memenangkan trofi Liga Champions 2018-2019.

Setelah menjadi kampiun Liga Champions, Liverpool hanya mendatangkan pemain kelas dua di jendela transfer musim 2019-2020. Pada bursa transfer musim panas 2019, Liverpool hanya mendatangkan Adrian San Miguel. Kemudian pada bursa transfer musim dingin 2020, giliran Takumi Minamino yang didaratkan dari RB Salzburg.

Meski hanya mendatangkan dua pemain di atas, Liverpool sanggup memenangkan trofi Liga Inggris 2019-2020, gelar yang sudah 30 tahun lamanya mereka nantikan. Hanya saja dalam pandangan Collymore, Liverpool tak bisa hanya mengandalkan skuad saat ini untuk mempertahankan trofi Liga Inggris.
Collymore menjadikan Manchester United era Sir Alex Ferguson sebagai contoh. Saat itu, Man United asuhan Ferguson mendominasi Liga Inggris. Terbukti dari 1992-1993 hingga 2012-2013, Man United memenangkan 13 musim di antaranya.

Dominasi Man United terbangun karena tiap kali bursa transfer dibuka, Ferguson mendorong manajemen Setan Merah mendatangkan pemain berkualitas. Sejumlah pemain top didatangkan Man United seperti Rio Ferdinand, Wayne Rooney, Cristiano Ronaldo hingga Robin van Persie.

Hasilnya, dominasi ditunjukkan Man United di Liga Inggris. Karena itu, Liverpool tengah mencoba mengikuti jejak sukses Manchester Merah.

Kabarnya, Jota bukanlah pemain terakhir yang didatangkan Liverpool pada bursa transfer musim panas 2020. Winger Watford, Ismaila Sarr, coba didaratkan manajemen Liverpool.

Bahkan hal yang lebih besar lagi akan dilakukan manajemen Liverpool pada bursa transfer musim panas 2021. Mereka akan mendatangkan winger andalan Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe.

BERITA REKOMENDASI