Alfath Tampil Menggila di Babak Kedua Timnas Indonesia vs Timor Leste, Ini Sebabnya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Fullback kiri Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfath Fathier, mengungkapkan faktor yang membuatnya tampil jauh lebih di babak kedua laga timnya kontra Timor Leste. Saran dari sang pelatih, Bima Sakti, di jeda pertandingan membuat fullback berusia 22 tahun itu berani tampil lepas di babak kedua.

Di babak pertama, pemain milik Madura United itu jarang melakukan overlap untuk membantu serangan. Alih-alih membantu serangan, sektor kiri yang dijaga Alfath justru sering mendapatkan tekanan dari pemain Timor Leste.

Baru di babak kedua, ketika winger kiri ditempati Andik Vermansyah, Alfath mulai berani membantu serangan. Hasilnya luar biasa, di mana gol pertama Timnas Indonesia di laga tersebut dicetak oleh Alfath. Saat itu, sepakan kaki kanan eks pemain Persib Bandung U-21 itu tidak dapat ditahan kiper Timor Leste.

Setelah mencetak gol, kepercayaan diri Alfath semakin tinggi. Kepercayaan diri yang meningkat berefek positif terhadap permainan Timnas Indonesia. Pada akhirnya, Skuad Garuda menang 3-1 atas Timor Leste, setelah dua gol tambahan Timnas Indonesia dicetak Stefano Lilipaly dan Alberto Goncalves.

“Syukur Alhamdullilah saya bisa bermain lepas dalam pertandingan tadi. Saya pribadi memang berusaha bermain lepas untuk menghilangkan grogi. Semoga saya bisa lebih baik lagi,” kata Alfath usai pertandingan.

“Babak pertama saya merasa banyak tekanan. Namun, Alhamdulillah pada babak kedua kami bisa mengubah permainan dan tampil lebih lepas. Saya juga mendapat saran dari coach Bima untuk lebih sering melakukan overlap,” lanjut mantan pemain Persiba Balikpapan itu.

Setelah tampil prima kontra Timor Leste, bukan tak mungkin Alfath kembali tampil sebagai starter. Hal itu saat Timnas Indonesia bertandang ke markas Thailand di matchday ketiga Grup B Piala AFF 2018 yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu 17 November 2018 malam WIB. (*)

BERITA REKOMENDASI