Anak Magelang Jadi Kapten Timnas U-19

Editor: KRjogja/Gus

MAGELANG (KRjogja.com) – Kapten Timnas Usia – 19 tahun yang akan berlaga di Piala AFF U-19 di Vietnam 11-24 September mendatang, ternyata berasal dari Kecamatan Secang, Kabupaten Magelang. Ia adalah Andi Setyo Nugroho, pemuda kelahiran 16 September 1997. Sejak timnas ini ditangani Eduard Tjong, ia (Andi) selalu jadi kaptennya.

Anak pertama dari tiga bersaudara pasangan Sugiyatno dan Dwi Endang R ini, menggeluti sepakbola sejak anak-anak. Sejak kecil, ayahnya yang seorang Polisi di Temanggung itu, memasukkannya disebuah SSB di Magelang. Bahkan saat SMA, ia disekolahkan di SMA Negeri 5 Kota Magelang, yang memiliki kelas khusus olah raga. Sejak itu, bakatnya terus terasah. Puncaknya, tahun ini ia terpilih memperkuat Timnas U-19.

Menurut Andi, Jumat (26/08/2016), ia sebenarnya sudah dipanggil Timnas U-19 sejak tahun 2015 lalu. Saat itu, timnas masih dilatih Fahri Husaini. Namun akibat Indonesia dihukum oleh FIFA, karena konflik antara PSSI dan pemerintah, Timnas urung berlaga. “Doakan saja, tahun ini kami dapat meraih yang terbaik untuk Indonesia di Vietnam besok,” katanya.

Ditanya soal peluang di Vietnam, diakui cukup berat. Pasalnya, timnya tergabung bersama beberapa tim kuat. Salah satunya Australia, yang para pemainnya memiliki postur tubuh lebih tinggi. “Belum lagi ada Thailand yang persiapannya jauh lebih lama dan matang. Myanmar juga perlu diwaspadai,” ungkapnya. (Bag)

 

BERITA REKOMENDASI