Ancelotti Dipecat, Louis van Gaal Tangani Bayern Munich?

MUNICH (KRjogja.com) – Bayern Munich baru saja memecat Carlo Ancelotti dari jabatan pelatih kepala. Board The Bavarians –julukan Bayern– menganggap kekalahan telak 0-3 dari Paris Saint-Germain (PSG) pada tengah pekan ini sebagai titik nadir performa Robert Lewandowski dan kawan-kawan. Sejumlah nama juru taktik pun langsung masuk dalam bursa pelatih anyar Bayern.

Untuk mengisi kekosongan saat ini, Bayern mendaulat Willy Sagnol, eks pemain mereka yang sebelumnya juga merupakan asisten Ancelotti, sebagai caretaker. Namun, masa kerja Sagnol diyakini takkan lama seiring beberapa nama pelatih langsung dikaitkan dengan posisi pelatih anyar Bayern.

Menurut laporan media-media Jerman, setidaknya ada lima kandidat yang berpotensi menjadi suksesor Ancelotti. Mereka adalah Julian Nagelsmann yang saat ini masih menangani Hoffenheim, Andre Villas Boas (Shanghai SIPG), Joachim Low (Timnas Jerman), Jurgen Klinsmann yang juga pernah membesut Bayern pada 2008-2009, serta eks manajer Borussia Dortmund Thomas Tuchel.

Meski demikian, ada satu nama lain yang bisa dibilang juga berpeluang menjadi arsitek anyar Bayern. Dia adalah Louis van Gaal!

Well, peluang van Gaal sepertinya memang kecil, namun yang pasti pelatih veteran asal Belanda itu terlihat menonton langsung laga Bayern kontra PSG di Parc des Princes. Melihat sosok van Gaal hadir di stadion memang merupakan momen langka semenjak sang meneer tak lagi melatih sebuah tim alias menganggur.

Seperti diketahui, van Gaal dipecat Manchester United pada akhir musim 2015-2016. Setelah itu, pria berusia 66 tahun itu memang menghabiskan waktu di rumah mewahnya di Portugal alias tak pernah lagi menjadi pelatih.

Dan pada tengah pekan ini, tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba van Gaal menonton langsung Bayern bermain. Dan entah kebetulan atau tidak, momennya pun pas. Usai laga, Ancelotti yang sebelumnya sudah under pressure akhirnya dipecat.

Meski pamornya kini tengah turun, van Gaal sendiri jelas merupakan pelatih yang cukup sukses  dalam karier panjangnya dan tentu sangat berpengalaman. Pernah membesut Barcelona, Man United, Ajax, dan juga Timnas Belanda, van Gaal juga pernah menangani Bayern. (*) 

BERITA REKOMENDASI