Azizul Alimmudin, Putra Asli Bantul Kantongi ‘Linesman’ Lisensi FIFA

BANTUL, KRJOGJA.com – Tiga wasit asal Asprov PSSI DIY resmi menjadi wasit berlisensi FIFA di awal tahu 2021 ini. Salah satu yang menarik datang dari kisah Azizul Alimmudin Hanafiah (33) putra asli Bantul yang jadi satu-satunya linesman (Asistant Referee) DIY yang punya sertifikasi FIFA, induk olahraga sepakbola dunia.

Di awal tahun ini, Azizul bersama Fariq Hitaba (wasit) dan Wahyu Wicaksono (futsal) menjalani kursus lisensi FIFA yang diselenggarakan di Jakarta. Ketiganya melewati tes ketat selama tujuh hari hingga akhirnya lulus menjadi wasit dan asisten wasit bersertifikasi FIFA.

Kisah Azizul sendiri terbilang cukup menarik, karena dahulu ia merupakan seorang pemain sepakbola non profesional yang memiliki pengalaman cukup lumayan di tingkat DIY. Pada tahun 2005, ia didapuk menjadi kapten tim Pelajar (Popwil) DIY dan kemudian sempat magang bersama Persiba Bantul.

Namun begitu, dua tahun berselang, tepatnya pada 2007, Azizul merasa karier di sepakbola sudah mentok sehingga ia mulai memikirkan jenjang lain. “Sebenarnya mau jadi pelatih, karena saya kuliah kepelatihan. Tapi kemudian muncul niat, ingin menjajal kursus wasit. Yasudah tahun itu (2007) saya kursus C3 wasit di Gunungkidul dan awalnya cuma coba-coba karena di mata kuliah ada ilmu peraturan sepakbola, saya ingin dapat dari kursus itu,” ungkapnya ketika berbincang dengan KRjogja.com, Jumat (29/1/2021).

BERITA REKOMENDASI