Barcelona Ingin Datangkan David Luiz?

Editor: KRjogja/Gus

BARCELONA (KRjogja.com) – Belum genap dua bulan membela Barcelona, Philippe Coutinho sudah membuat gaduh tim. Seperti diberitakan Don Balon, Kamis (1/3/2018), gelandang berpaspor Brasil itu membocorkan rencana timnya yang berkeinginan mendatangkan bek Chelsea David Luiz pada bursa transfer musim panas 2018.

Sebenarnya tanpa dibocorkan pun, isu ketertarikan Blaugrana –julukan Barcelona– terhadap Luiz sudah santer terdengar pada bursa transfer musim dingin 2018. Pada medio Januari 2018, Barcelona membutuhkan tambahan pemain di sektor pertahanan. Hal itu setelah Javier Mascherano hengkang ke Hebei China Fortune, sedangkan Samuel Umtiti mengalami cedera.
Akan tetapi demi efisiensi dana, Barcelona lebih memilih mendatangkan Yerry Mina dari Palmeiras. Karena itu baru pada bursa transfer musim panas 2018, Barcelona akan serius berupaya mendatangkan Luiz.

Apalagi, Barcelona berpotensi kehilangan Umtiti pada musim panas mendatang. Manchester United dan Manchester City jadi dua klub yang kepincut kepada bek berpaspor Prancis tersebut. Peluang Barcelona mendapatkan Luiz bisa dibilang cukup besar. Hal itu karena Luiz bukanlah pilihan utama Chelsea racikan Antonio Conte.

Sebenarnya Luiz merupakan pemain andalan Conte saat Chelsea menjuarai Liga Inggris 2016-2017. Akan tetapi di musim ini, Luiz tak lagi dijadikan andalan usai terlibat cekcok dengan Conte. Cekcok terjadi tak lama setelah Chelsea kalah 0-3 dari AS Roma di matchday keempat Grup C Liga Champions 2017-2018.

Laga Chelsea vs Roma berlangsung pada 31 Oktober 2017. Setelah laga tersebut, Chelsea melakoni 28 pertandingan, namun hanya lima di antaranya Luiz diturunkan Conte. Bahkan, laga terakhir Luiz bersama Chelsea berlangsung pada 5 Februari 2018, tepatnya ketika tim asuhan Conte takluk 1-4 dari Watford di Liga Inggris.

Melihat kondisi Luiz saat ini, Barcelona tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk mendaratkan bek Timnas Brasil tersebut. Hal itu karena Luiz dalam kondisi jarang bermain yang membuatnya nilai pasarnya terus menurun. Bahkan menurut laman transfermarkt, harga pasar Luiz saat ini hanya berada di angka 25 juta pounds atau sekira Rp473 miliar. Untuk ukuran klub sekaya Barcelona, mengeluarkan 25 juta pounds jelas bukan perkara sulit. (*) 

BERITA REKOMENDASI