Berikut Profil Singkat Klub Anyar Witan Sulaeman di Serbia

Editor: KRjogja/Gus

SEBUAH langkah berani diambil Witan Sulaeman. Pemain berusia 18 tahun itu mewujudkan mimpinya untuk merumput di Benua Eropa setelah resmi bergabung dengan klub Liga Serbia, FK Radnik Surdulica. Bergabungnya Witan ke Surdulica tak lepas dari peran agen pemain, Dusan Bogdanovic.

FK Radnik Surdulica sendiri sudah berusia 94 tahun sejak didirikan oleh seorang pengrajin sepatu bernama Gradimir Antic. Namun, klub yang bermarkas di Surdulica City Stadium itu baru pertama kali merasakan kasta teratas Liga Serbia (Liga Super Serbia) pada musim 2015-2016.

Pada awal didirikan, klub tersebut diberi nama Surdulicki Sportski Klub (SSK). Namun, Perang Dunia II menyebabkan klub tersebut berhenti beroperasi dan terpaksa berganti nama menjadi FK Polet pada 1946. Empat tahun kemudian, klub kembali berganti nama menjadi FK Hidrovlasina.

Tak berapa lama, klub berganti nama menjadi FK Radnik setelah merger dengan FK Molidben dan nama FK Radnik Surdulica digunakan hingga sekarang. Walau sudah lama berkecimpung di kancah sepakbola Serbia, klub berkostum biru itu baru menyabet dua gelar juara pada kasta yang lebih rendah.

Setelah menjuarai Serbian League East pada 2013, FK Radnik berhasil mendapat promosi ke kasta kedua, yakni Serbian League First musim 2013-2014. Hanya butuh dua musim, klub tersebut berhasil meraih promosi ke kasta teratas, Liga Super Serbia setelah menjadi juara pada 2014-2015.

Sayangnya, sepanjang empat musim berkutat di Liga Super Serbia, FK Radnik Surdulica lebih banyak finis di papan tengah. Posisi terbaik diraih pada musim debut ketika berstatus promosi, yakni 2015-2016, dengan menempati urutan delapan klasemen akhir.

Capaian skuad asuhan Simo Krunic pada Liga Super Serbia 2019-2020 juga tidak terlalu ciamik. FK Radnik Surdulica kini menempati urutan 13 dari 16 peserta hingga memasuki pekan 20 dengan koleksi 19 poin. Beruntung, mereka berjarak lima poin dengan penghuni teratas zona degradasi, FK Indjija.

BERITA REKOMENDASI