Berkarier sebagai Pelatih, Pirlo Terinspirasi Conte

TURIN, KRJOGJA.com – Juventus resmi menunjuk Andrea Pirlo sebagai pelatih anyar untuk musim 2020-2021. Pria berkebangsaan Italia itu diikat dengan kontrak selama dua tahun hingga Juni 2022. Walau sudah mengantongi lisensi kepelatihan, Andrea Pirlo ternyata pernah mengaku tidak tertarik berkarier menjadi seorang juru taktik.

Karier gemilang dijalani Andrea Pirlo semasa aktif bermain pada dekade 2000 hingga pertengahan 2010. Setelah gantung sepatu pada 2017, pria kelahiran Brescia itu lantas mengambil lisensi kepelatihan di Coverciano, tempat pelatih-pelatih kenamaan Italia digembleng, pada September 2018.

Usai mendapat lisensi A UEFA, Andrea Pirlo tidak langsung melatih. Ia justru baru mendapatkan tawaran melatih dari Juventus pada 30 Juli 2020 untuk tim U-23. Kariernya langsung melesat ketika sepekan kemudian, justru ditunjuk sebagai pelatih tim utama Juventus menggantikan Maurizio Sarri.

Menariknya, Andrea Pirlo pernah menyebut tidak tertarik untuk berkarier menjadi pelatih. Menurut pengakuannya, memiliki gaya hidup yang dekat dengan pemain sepakbola sudah cukup dijalani semasa aktif merumput.

“Saya tidak akan bertaruh satu sen pun soal kemungkinan saya menjadi pelatih. Bukan pekerjaan yang menarik buat saya. Saya sudah puas merasakan hidup seperti itu, dan di masa depan, saya ingin kembali memiliki privasi,” ujar Andrea Pirlo dalam buku autobiografinya yang berjudul Penso Quindi Giocco yang terbit di Italia pada 2013.

BERITA REKOMENDASI