Borong Gelar, PSS U-17 Wakili DIY di Putaran Nasional

BANTUL, KRJOGJA.com – PSS U-17 menjadi juara kompetisi Piala Soeratin DIY tahun 2019. Raihan total 21 poin dari delapan kali pertandingan membawa Elja muda menjadi wakil DIY ke putaran nasional. 

Di laga terakhir yang digelar di Stadion Dwi Windu Bantul, Selasa (5/11/2019) sore, PSS bermain imbang melawan Protaba Bantul dengan skor 1-1. Namun begitu, pertandingan sudah tak lagi menentukan karena poin keseluruhan PSS tak lagi bisa dikejar baik PSIM U-17 yang akhirnya menempati peringkat kedua (20 poin) dan Protaba di peringkat tiga dengan (18 poin). 

Di laga yang sudah tak menentukan, Protaba unggul terlebih dahulu melalui Rizky Ramadhan menit 67, padahal sepanjang laga PSS yang menguasai pertandingan. Namun, PSS mampu menyamakan skor melalui penalti Lintang Ariyo saat laga hampir usai. 

Pertandingan antara anak-anak muda tersebut berjalan sangat panas. Bahkan sempat terjadi adu pukul antara bek Protaba Danang Hafisan Oktavianto dengan Lukman Yusuf Rahmawan. 

Penyebabnya sangat sepele, Lukman bereaksi saat dijatuhkan Danang. Pemain yang baru masuk di babak kedua tersebut terlibat adu pukul dan menunjukkan sikap tidak sportif. Keduanya pun akhirnya diganjar kartu merah oleh wasit Muhammad Tri Santoso. 

Usai pertandingan, Ketua Asprov PSSI DIY Ahmad Syauqi Suratno mengungkap kompetisi Piala Soeratin U-17 merupakan hal wajib dari pusat sebagai salah satu bagian pembinaan. Ia menyampaikan selamat pada PSS dan berharap bisa maksimal di putaran nasional. 

“Juara di sini bukan jadi target utama karena harapannya nanti bisa lebih maksimal di jenjang berikutnya, apalagi kita akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 pada 2021 nanti. Selamat untuk PSS, semoga bisa lebih maksimal lagi di putaran nasional,” ungkapnya sebelum memberikan piala juara. 

Sementara pelatih PSS U-17, Ananto Nurhani mengaku cukup puas dengan raihan juara terutama adanya progres tim di putaran kedua. Meski demikian, PSS akan melakukan evaluasi lantaran akan bertanding di putaran nasional dengan lawan yang lebih berat. 

“Kami punya progres baik di putaran kedua bisa memasukkan 17 gol dan hanya kemasukan 3 gol. Namun tetap ada evaluasi karena kami mewakili DIY jadi harus maksimal. Akan ada penambahan pemain di beberapa sektor namun kami melihat hasil evaluasi bersama manajemen nanti,” tandas dia. 

Dalam kompetisi Piala Soeratin DIY 2019 sendiri memunculkan pemain terbaik yakni Totti Hernan Crespo dari PSS U-17. Pencetak gol terbanyak pun menjadi milik pemain PSS U-17, Lintang Ariyo Jagadiputro. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI