Buffon Pensiun dari Juventus Akhir Musim

TURIN, KRjogja.com – Keputusan pada akhirnya dibuat oleh Kapten Juventus, Gianluigi Buffon, terkait masa depannya bersama klub berjuluk La Vecchia Signora itu. Dalam sebuah konferensi pers yang dihadiri langsung oleh Presiden Juventus, Andrea Agnelli, Buffon mengumumkan bahwa musim kompetisi 2017-2018 merupakan musim terakhirnya bersama dengan Juventus.

Keputusan yang dibuat Buffon tersebut tentunya cukup mengiris hati, utamanya bagi seluruh pendukung setia Juventus. Maklum saja, pasalnya Buffon telah mengabdi kepada Juve selama 17 tahun lamanya dan telah menjadi ikon klub. Selama kurun waktu tersebut, ia telah mempersembahkan banyak kemenangan bagi Juve dan merebut banyak trofi, termasuk di antaranya sembilan kali Scudetto.

Dapat dikatakan bahwa Buffon merupakan salah satu pemain yang memiliki loyalitas luar biasa terhadap Juventus. Penjaga gawang yang hingga saat ini masih berstatus sebagai yang termahal di dunia tersebut rela ikut serta turun kasta bersama Juventus kala La Vecchia Signora terdegradasi dan bermain di Serie B pada 2006-2007. Uniknya, Buffon juga menjadi bagian dari masa kejayaan Juve, di mana mereka memenangkan tujuh gelar juara Liga Italia secara beruntun (2012-2018).

Dalam konferensi persnya, Buffon mengumumkan bahwa laga melawan Hellas Verona pada akhir pekan ini akan menjadi laga terakhirnya berseragam Juventus. Laga tersebut juga sekaligus akan menjadi pesta perayaan Juventus menjuarai Liga Italia musim ini. Pada musim 2018-2019, jabatan kapten Juventus akan dipegang oleh Giorgio Chiellini.

“Laga hari Sabtu akan menjadi pertandingan terakhir saya bersama Juventus. Saya kira ini merupakan cara terbaik untuk mengakhiri petualangan yang indah ini, mengakhirinya dengan mendapat dua gelar juara lainnya (Liga Italia dan Coppa Italia), yang mana benar-benar penting, dan mengakhirinya dengan kedekatan dan iringan dari Andrea dan seluruh penduduk Juventus,” terang Buffon dalam konferensi persnya, Kamis (17/5/2018).

Meski musim ini akan menjadi musim terakhir Buffon bersama Juve, namun bukan berarti pria 40 tahun itu kemudian akan pensiun sebagai seorang pesepakbola. Diakui oleh Buffon kalau ia tertarik dengan berbagai tawaran yang datang kepadanya untuk musim depan.

“Sampai 15 hari lalu, ini jelas diketahui bahwa saya ingin berhenti bermain. Bagaimanapun, semenjak itu, beberapa proposal dan tantangan menarik datang, dari luar lapangan juga. Ketakutan saya adalah mengakhiri karier saya di Juventus sebagai pemain yang sudah tamat. Saya bangga untuk mengatakan hal ini tidak terjadi seperti itu. Sampai akhir, meskipun 40 tahun, saya tampil di atas standar saya," tukas Buffon. (*)

BERITA REKOMENDASI