Deal! Coutinho ke Barcelona

LIVERPOOL (KRjogja.com) – Liverpool akhirnya menyerah dalam usaha mempertahankan Philippe Coutinho. Seperti diberitakan Sport, Kamis (21/12/2017), The Reds –julukan Liverpool– sepakat melepas Coutinho ke Barcelona.

Untuk mendatangkan Coutinho, Barcelona akan mengeluarkan dana fantastis yakni 132 juta pounds atau sekira Rp2,39 triliun. Hal itu pun membuat gelandang berpaspor Brasil tercatat sebagai pemain termahal dunia di bawah Neymar Jr.

Ketika didatangkan Paris Saint-Germain (PSG) dari Barcelona, Neymar diboyong dengan mahar 222 juta euro atau setara Rp3,5 triliun. Kembali ke Coutinho. Kedatangan pesepakbola berusia 25 tahun itu otomatis membuat pelatih Barcelona Ernesto Valverde dengan leluasa memainkan formasi favoritnya, 4-3-3.

Sekadar diketahui semenjak Neymar hengkang dan Ousmane terkena cedera, Valverde tak jarang memainkan pola 4-4-2. Bahkan ketika memainkan formasi 4-3-3, Valverde hingga memainkan Paco Alcacer yang notabene seorang penyerang untuk dimainkan di pos winger kiri.

Sementara itu, Coutinho sangat fasih untuk beroperasi sebagai winger kiri. Posisi itu selalu diembannya bersama Liverpool, termasuk musim ini. Bahkan, Coutinho menjalani musim tertajamnya bersama Liverpool musim ini.

Dari 11 penampilan di Liga Inggris 2017-2018, Coutinho mengemas lima gol dan enam assist. Jika ditarik di semua kompetisi, mantan pemain Inter Milan itu telah mencetak 10 gol dan delapan assist dari 17 pertandingan.

Karena itu, Barcelona takkan rugi menebus Coutinho dengan harga mahal. Masih diberitakan Sport, nantinya Coutinho akan menerima kontrak jangka panjang. Pemain andalan Tim Nasional (Timnas) Brasil itu akan dikontrak hingga 30 Juni 2023. (*)

BERITA REKOMENDASI