Dirga Lasut Donasi Dua Gol, PSS Gilas Persibas 4-1

SLEMAN, KRJOGJA.com – Super Elja PSS berhasil meraih poin penuh saat menjamu Persibas Banyumas di Stadion Maguwoharjo Kamis (13/7/2017) sore. Empat gol digelontorkan anak asuhan Freddy Mulli sementara lawan hanya bisa membalas sebiji saja. 

Di awal babak pertama, PSS berusaha menguasai pertandingan. Trio penyerang Rizky Novriansyah, Kito Chandra dan Rossi Noprihanis beberapa kali membahayakan pertahanan Persibas yang dikomando Triyan, Fadlan Ahmad, Asep Rudiyanto dan Choirul Hidayat. 

PSS tampak lebih dominan dan menguasai jalannya pertandingan namun tak kunjung menjadi gol. Menit 39, Freddy Mulli membuat perubahan dengan mengganti Kito Chandra dan memasukkan Imam Bagus. 

Respons positif langsung ditunjukkan Imam yang menginisiasi serangan yang berujung gol menit ke-40 oleh Dirga Lasut. Gol bermula dari serangan pemain yang baru dimasukkan di akhir babak pertama, Imam Bagus Kurnia yang mengirim umpan pada Rizky Novriansyah. Rizky lantas menusuk dan melepaskan umpan cut back pada Dirga yang lantas mengirim bola terukur ke sisi kanan bawah gawang Persibas yang dijaga Wendra Kanasta. 

Kiper muda tersebut mati langkah tak bisa mengantisipasi sepakan yang sebenarnya pelan ini. Papan skor pun berubah 1-0 tepat pada menit ke-40 untuk keunggulan tuan rumah PSS. Gol tersebut sekaligus menjadi penutup skor babak pertama. 

Memasuki babak kedua, Persibas berusaha keluar menyerang. Permainan berubah menjadi semakin seru di awal paruh kedua ini. 

Tuan rumah lagi-lagi berhasil memanfaatkan kesalahan Persibas dan melalukan counter attack. Dirga Lasut kembali punya andil di gol kedua PSS tepat di menit ke-58 babak kedua. 

Kali ini umpan panjangnya tepat menemui Rizky Novriansyah yang lantas melepaskan sepakan terukur ke tiang jauh gawang Persibas yang dijaga kiper pengganti Mukhti Alhaq. Gol tersebut membuat PSS menjauh dengan skor 2-0. 

Persibas mencoba merespon dan sempat membahayakan gawang PSS yang dikawal Syahrul Trisna. Beruntung sundulan kepala Irkham Zahrul masih berada di atas mistar gawang PSS. 

Namun, tamu terus menyengat hingga puncaknya Sholihun Islam mampu menanduk bola matang umpan Irkham dari rusuk kiri pertahanan Sleman tepat di menit 63. Bola sundulan deras menghujam jala PSS dan mengubah papan skor menjadi 2-1 masih untuk PSS. 

Lepas gol, permainan malah semakin menarik karena kedua tim mulai bermain terbuka. Jual beli serangan dengan ujung saling membahayakan gawang beberapa kali terjadi baik itu untuk PSS maupun Persibas. 

Umpan-umpan panjang diperagakan Persibas dengan komando kapten Andesi Setyo Prabowo. Persibas terlihat dominan di lini tengah sementara lini tengah PSS yang dikomando Dirga Lasut, Busari dan Wahyu Sukarta mulai terlihat kehabisan tenaga.

PSS yang banyak ditekan malah mampu mencetak gol di menit ke-90. Kali ini lagi-lagi Dirga Lasut yang mampu memanfaatkan kesalahan lini belakang Persibas dan menaklukkan kiper Mukhti. Skor berubah 3-1 untuk PSS. 

Tony Yuliandry yang masuk menggantikan Rizky Novriansyah di babak tambahan waktu tak memanfaatkan sedikit kesempatan dari Freddy Mulli. Memanfaatkan tusukan Imam Bagus, Tony mampu meneruskan bola silang dengan sebuah sepakan kaki kiri yang gagal diantisipasi kiper. Skor pun berubah 4-1 yang sekaligus mengakhiri laga. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI