Dua GOR Yogya Ketempatan Laga Proliga 2020

PEKANBARU, KRJOGJA.com – Tim voli putra  Surabaya Bhayangkara Samator  yang tahun 2020 ini ber home-base di GOR Gelanggang Remaja Pekanbaru , Riau akan memulai debutnya melawan Jakarta Garuda mengawali perhelatan kompetisi bolavoli kasta tertinggi tanah air 'Proliga 2020' Jumat (24/1/2020) sore ini.  Di Pekanbaru,  kompetisi Proliga yang tahun ini telah memasuki tahun ke-19 akan berlangsung selama tiga hari hingga Minggu (26/1/2020).

Sementara itu, pada musim kompetisi voli Proliga 2020 Yogyakarta  dua kali ketempatan menjadi penyelenggara  (tuan rumah).  Untuk pertama kali di GOR UNY, bertindak sebagai  tuan rumah tim voli Jakarta  BNI 46. Di GOR UNY Yogya  kompetisi proliga baru akan dimainkan pada putaran kedua, Jumat-Minggu (13-15/3/2020).

Sedangkan  untuk grandfinal juga dimainkan di Yogyakarta, yaitu di GOR Among Raga, Jalan Kenari Yogyakarta. Babak grandfinal , digelar selama dua hari , Sabtu (18/4/2020) untuk  grandfinal perebutan tempat  III-IV dan I-II kelompok putri. Sedangkan Minggu (19/4/2020) untuk grandfinal  III-IV dan I-II putra.

Kompetisi yang telah memasuki tahun ke-19 ini diikuti sebanyak enam tim putra dan lima putri. Keenam tim putra terdiri dari juara bertahan Surabaya Bhayangkara Samator, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Palembang Bank SumselBabel, Jakarta Garuda, dan tim pendatang baru Lamongan Sadang MHS. Sedangkan lima tim putri yaitu juara bertahan Jakarta PGN Popsivo Polwan, Jakarta Pertamina Energi, Jakarta BNI 46, Bandung bjb Tandamata, Gresik Petrokimia Puslatda Jatim. Sebagai tuan rumah, Surabaya Bhayangkara Samator akan melakukan dua laga.

Selain  menghadapi  Jakarta  Garuda Jumat (24/1/2020), tim voli Samator yang ditukangi pelatih Ibarsjah Djanu Tjahjono tersebut dalam laga keduanya Minggu (26/1/2020) bakal berjumpa tim voli pendatang baru Lamongan Sadang MHS. Manajer Surabaya Bhayangkara Samator, Hadi Sampurno akan berusaha semaksimal mungkin memetik dua kemenangan pada dua laga seri pembuka putaran pertama di Pekanbaru itu. "Kami akan berusaha semaksimal mungkin," ujar Hadi Sampurno baru-baru ini, dikutip situs PBVSI Volimania.

Diakui Hadi, untuk meraih dua kemenangan itu, tidak mudah. Jakarta Garuda merupakan tim yang banyak dihuni pemain-pemain baru dan muda, namun mereka memiliki semangat yang luar biasa. “Untuk kita akan bermain 'dewasa' menghadapi tim Jakarta Garuda," tegasnya. Sedangkan melawan pendatang baru Lamongan Sadang MHS, Hadi mengaku akan bermain maksimal. Diakuinya, Lamongan merupakan tim pendatang baru, tapi mereka terdiri dari pemain-pemain yang sudah lama bermain di Proliga, seperti mantan pemain Samator, Mahfud Nurcahyadi, Dimas Saputra Pratama, Antho Bertyawan, dan lain-lain dengan pelatih senior Putut Mahaento.

Kompetisi Proliga merupakan kompetisi bola voli tertinggi di Indonesia. Setiap tim peserta Proliga diwajibkan menggunakan maksimal dua pemain asing. Tahun ini, kompetisi yang mulai bergulir sejak tahun 2002 ini, berlangsung di delapan kota di Indonesia, antara lain Pekanbaru, Purwokerto, Palembang, Gresik, Bandung, Yogyakarta, Kediri, dan Solo.(Rar)

BERITA REKOMENDASI