Dua Kali Kejar Ketinggalan, PSS Tahan PSM di Manahan

Editor: Ivan Aditya

SOLO, KRJOGJA.com – PSS Sleman mampu menahan imbang PSM Makassar di laga perdana seri 3 Liga 1 2021, Kamis (18/11/2021) malam. Tampil lebih baik secara permainan, PSS mengakhiri laga dengan skor 2-2 setelah sempat dua kali tertinggal.

PSS tampil tanpa dua pilar utama Irfan Jaya dan Mario Maslac di laga kali ini. Pos Irja diisi Arsyad Yusgiantoro sementara duet bek diisi Asyraq Gufron dan Fandri Imbiri.

Permainan PSS sedikit berubah di laga kali ini di mana lini belakang dan tengah mulai berani melakukan build up serangan dari bawah yang membuat pertandingan lebih atraktif disaksikan. Umpan pendek Juninho, Kim Jefferey dan Aaron Evans terlihat lebih kompak bergerak dan terlibat permainan pendek satu dua sentuhan.

Namun, PSS tertinggal lebih dulu menit 15 setelah bek kiri PSM, Abdul Rahman menusuk dan melepas shooting kaki kanan. Bola menghujam sudut kiri gawang Mizwar Saputra dan berujung gol bagi Makassar.

PSS mampu menyamakan kedudukan menit 32 lewat tandukan Nemanja Kojic. Kesalahan komunikasi bek Serif Hasic dan kiper PSM, Hilmansyah dihukum lewat sebiji gol oleh Kojic.

Di babak kedua, PSM mengubah pola permainan dan berani beradu di lini tengah. Hasilnya, Serif Hasic membalas kesalahan babak pertama dengan gol yang membuat kedudukan berubah 2-1.

PSS berusaha merespon dengan serangan cepat mengandalkan kecepatan Irkham Milla dan Arsyad. Menit 54, bek PSM Erwin Gutawa melakukan kesalahan dengan melanggar Arsyad yang sebenarnya terjadi di dalam kotak penalti.

Namun, wasit Darma Santoso memberikan sepakan bebas di depan kotak penalti. Juninho yang maju sebagai algojo mampu memanfaatkan bola tendangan bebas menjadi gol penyama kedudukan 2-2.

PSS mengubah komposisi dengan menarik Kojic memasukkan Fitra Ridwan. Juninho diberikan keleluasaan di depan sementara Fitra ikut memperkuat lini tengah.

PSS sempat mencipta beberapa peluang emas seperti lewat Fitra Ridwan yang lepas berhadapan dengan kiper, lalu lewat sepakan bebas Juninho yang sayangnya masih menerpa tiang gawang PSM di akhir laga. Begitu pula PSM mendapat peluang emas lewat sundulan Wiljan Pluim yang masih bisa diamankan dengan apik oleh Mizwar Saputra.

Penampilan Mizwar cukup baik di laga kali ini. Ia menciptakan dua save penting yakni sepakan Yacob Sayuri dan sundulan Wiljan Pluim. Skor akhir pertandingan tidak berubah 2-2, kedua tim berbagi poin 1.

Sementara ini PSS berada di posisi 11 klasemen sementara dengan nilai 15. PSM sendiri menempati posisi 8 dengan nilai 17.

Usai pertandingan, pelatih PSS, Dejan Antonic mengakui anak asuhnya berproses dengan positif di laga kali ini meski belum bisa menang. Skuad PSS dinilai Dejan menunjukkan pola permainan hasil latihan termasuk para pemain lokal yang mampu menunjukkan kemampuan terbaik.

“Saya senang anak-anak sudah mulai mengerti apa yang kita minta, step by step bisa lebih bagus ke depan. Hari ini kita tidak ada Mario (Maslac) dan Irja, kamu bisa lihat kita cuma dua pemain asing yang main tapi itu setara sama PSM. Saya senang sekali,” tutur Dejan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI