Dua Pemain Senior Bakal Perkuat Timnas di SEA Games

Editor: Ivan Aditya

JAKARTA, KRJOGJA.com – Timnas Indonesia U-22 bisa diperkuat dua pemain senior saat tampil di SEA Games Manila 2019. Hal itu mengacu regulasi baru yang terdapat di Technical Hand Book (THB) pesta olahraga Asia Tenggara tersebut.

Perubahan aturan itu tercantum pada pasal 8 ayat 3.3 mengenai persyaratan pemain yang bisa didaftarkan sesuai yang dikeluarkan The Philippine SEA Games Organizing Committee (PhiSGOC).

"Untuk kompetisi sepak bola putra, hanya atlet yang lahir pada atau setelah 1 Januari 1997 dan maksimal dua pemain yang lahir sebelum 1 Januari 1997 yang memenuhi persyaratan untuk berpartisipasi," bunyi dari regulasi THB SEA Games 2019.

Sejak THB diterima pada awal Maret lalu, KOI disebut Harry sudah mendistribusikan langsung kepada semua cabang olahraga yang bakal ikut berpartisipasi di SEA Games 2019. Termasuk kepada PSSI selaku federasi pada saat rapat koordinasi yang berlangsung pekan lalu.

Dikonfirmasi terpisah, PSSI melalui Direktur Humas Gatot Widakdo hanya menjawab singkat. "SEA Games [2019] tetap U-22, tidak ada senior. Tambahan senior hanya Asian Games dan Olimpiade," ucap Gatot.

SEA Games 2019 bakal digelar di Manila, Filipina pada 30 November sampai 11 Desember mendatang. Tuan rumah Filipina memainkan 61 cabang olahraga dengan 550 nomor pertandingan. Prestasi terbaik Timnas Indonesia di SEA Games adalah dua kali meraih medali emas yakni pada edisi 1987 saat bertindak sebagai tuan rumah yang disusul pada 1991 di Manila.

Regulasi batasan usia pemain sendiri mulai diberlakukan tahun 2001 silam. Sejak perubahan regulasi itu, prestasi terbaik Tim Garuda Muda adalah dua kali menjadi runner-up tahun 2011 dan 2013. (*)

BERITA REKOMENDASI