Duel PSS vs Semen Padang, Final Ideal

Editor: Ivan Aditya

BOGOR, KRJOGJA.com – Laga puncak Liga 2 yang mempertemukan PSS versus Semen Padang FC di Stadion Pakansari Cibinong Bogor, Selasa (04/12/2018) malam disebut-sebut sebagai final ideal. Kedua tim tersebut tiba di partai puncak dengan raihan mentereng dari fase grup penyisihan hingga semifinal lalu.

Kubu Semen Padang tampil sebagai juara grup barat dengan raihan yang hampir sempurna. Tim berjuluk Kabau Sirah bahkan menjadi yang pertama memastikan lolos delapan besar dibandingkan peserta Liga 2 lainnya.

Tak beda jauh, PSS juga menjadi juara grup timur dan mencatatkan track record cukup baik disepanjang penyisihan tersebut. Sempat tak stabil di awal musim hingga mengubah nahkoda, PSS akhirnya mampu memperbaiki performa dan konsisten hingga menjadi peraih poin tertinggi.

Begitu pula di delapan besar, kedua tim ini berhasil keluar sebagai juara grup sebelum akhirnya menaklukkan lawan-lawan di semifinal. PSS draw sekali dan menang atas Kaleng Putra sementara Semen Padang kalah di kandang Persita namun berhasil membalas di Haji Agus Salim dan memastikan tiket final.

Meski begitu, banyak yang beranggapan final Selasa nanti adalah sebuah anti klimaks karena keduanya telah memastikan satu tempat di Liga 1 musim depan, tak peduli siapa menang dan kalah. Mood bertanding kedua tim diprediksi bakal turun tak seperti laga penentuan tiket Liga 1 saat menghadapi Persita maupun Kalteng Putra.

Diluar banyak prediksi dan opini yang beredar luas tersebut, laga final esok hari tentu sangat layak dinantikan bersama. Setelah isu pengaturan pertandingan mencuat di sebuah acara live televisi nasional beberapa hari lalu hampir pasti segala perangkat pertandingan termasuk wasit akan ‘rule’ dalam laga tersebut.

PSSI yang seolah sedang ditampar pun tampaknya akan serius memastikan objektivitas laga final antara PSS vs Semen Padang. Apalagi siapapun yang menang keduanya sudah sama-sama lolos Liga 1, dengan kata lain ‘Mission Accomplished’.

Tak heran bila kemudian muncul pernyataan dari pelatih Semen Padang FC, Safrianto Rusli yang mengatakan partai final tersebut adalah sebuah langkah membuktikan timnya benar-benar pantas berada pada titik final. “Kami akan menunjukkan, benar tidak Semen Padang pantas berada pada titik ini, kami akan menampilkan permainan terbaik,” ungkap Safrianto pada sesi konferensi pers, Senin (03/12/2018).

Sementara di kubu PSS, pelatih Seto Nurdiantoro pun menyebut kedua tim yang tiba di partai puncak sama-sama berkualitas sehingga tak lagi perlu dipertanyakan. Namun begitu, Seto tetap membawa niat menyempurnakan raihan musim ini dengan gelar Juara Liga 2.

“Kami bertekad menyempurnakan raihan musim ini dengan juara. Ini final ideal, dua tim bisa mencapai jalan sejauh ini. Harapannya kami bisa tampil baik besok dan menang,” ungkap Seto.

Hal menarik yang juga layak membuat kita menanti partai final yakni status kedua tim yang belum pernah bertemu sebelumnya. Kedua pelatih praktis hanya mempelajari lawan dari rekaman video, tanpa pernah beradu strategi langsung di atas lapangan. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI