Dukung Catalunya Merdeka, Pique Khianati Spanyol?

Editor: KRjogja/Gus

BARCELONA (KRjogja.com) – Bek Barcelona, Gerard Pique, jadi pesepakbola yang paling getol menyuarakan agar Catalunya merdeka dari Spanyol. Bahkan pesepakbola 30 tahun itu siap mundur dari Tim Nasional (Timnas) Spanyol jika petinggi RFEF (PSSI-nya Spanyol) dan pelatih Julen Lopetegui tak lagi membutuhkannya.

Sebelumnya, Pique menegaskan baru akan pensiun dari La Furia Roja –julukan Timnas Spanyol– setelah tampil di Piala Dunia 2018. Namun, mantan bek Manchester United itu siap menarik ucapannya setelah melihat kondisi terkini.

“Tim Nasional? Saya masih mungkin untuk terus membela Timnas Spanyol. Namun, jika pelatih atau petinggi RFEF berpikir saya sebagai pembuat masalah di Tim Nasional, saya siap mundur dari sana sebelum 2018,” kata Pique mengutip dari Football Espana.

Pique juga menilai, membela Timnas Spanyol bukanlah kompetisi untuk menunjukkan rasa patriotisme kepada negara. Pemain yang pernah mentas bersama Real Zaragoza itu menilai, banyak penghuni Timnas Spanyol yang tidak memiliki sifat patriotisme karena masuk melalui proses naturalisasi.

“Patriotisme? Dipanggil ke Timnas bukanlah kompetisi siapa yang lebih cinta kepada negara. Ada banyak pemain naturalisasi menghuni skuad Spanyol. Membela Timnas Spanyol ialah pergi bersama, bermain sebaik mungkin dan mencoba meraih kemenangan,” lanjut kekasih dari penyanyi Shakira itu.

Semenjak melakoni debut pada 2009, Pique 91 kali membela Timnas Spanyol dengan raihan lima gol. Dalam periode itu, ia mengantarkan Spanyol meraih satu trofi Piala Dunia (2010) dan Piala Eropa (2012). (*) 

BERITA REKOMENDASI