Egy Maulana Berhasil Wujudkan Mimpi ke Eropa

BINTANG Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-19, Egy Maulana Vikri, berhasil mewujudkan mimpinya untuk bermain di klub Eropa. Adalah Lechia Gdansk akan menerima jasa pemain berusia 17 tahun tersebut.

Lechia Gdansk sendiri merupakan klub yang bermain di divisi kasta tertinggi Liga Polandia. Klub yang menempati peringkat keempat musim lalu ini, bukanlah sebuah tim sukses di Liga Polandia. Klub tersebut, bahkan baru promosi ke kasta tertinggi pada 2008.

Namun, hal tersebut tak menjadi persoalan bagi Egy yang sejak dulu memang ingin bermain di tanah Eropa. Pemain U-19 itu pun menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang bermain di Gdansk. Di klub tersebut, Egy dijanjikan untuk bermain di tim utama dan akan bersanding dengan mantan penggawa Juventus, yaitu Milos Krasic.

Perjalanan untuk mewujudkan keinginan bermain di klub Eropa tentu tidak mudah untuk Egy. Ia memulai karir sepakbolanya ketika masuk Sekolah Sepakbola (SSB) di usia tujuh tahun. Saat itu, ia bergabung bersama SSB lokal Medan bersama Taman Setiabudi Indah (Tasbih).

Bakat terpendamnya pun pertama kali dilirik oleh Indah Sjafri pada 2012. Kala itu Egy sedang bermain di turnamen sepakbola yang berada jauh dari Medan. Ia pun melanjutkan karirnya di Gothia Cup U-15 2016 dan berhasil meraih pemain terbaik serta top skor dengan koleksi 28 gol.

Torehan prestasinya tak hanya sampai situ, pada turnamen Toulun 2017, ia meraih trofi Jouer Revelation. Sebuah prestasi yang pernah diraih Zinedine Zidane (1991) dan Cristiano Ronaldo (2003). Penghargaan tersebut ia terima lantaran memberikan pengaruh besar terhadap permainan Timnas Indonesia U-19 di turnamen tersebut.

Namun, masih banyak keinginan Egy yang berlum terwujud. Salah satu keinginan dari pemain didikan Sekolah Khusus Olahraga Ragunan itu adalah menjuarai Piala Asia U-18 2019. Hal itu ingin ia wujudkan agar Timnas Indonesia U-19 bisa tampil di Piala Dunia U-20 pada 2019.

Tentu, dengan bermainnya Egy di Gdansk menjadi prestasi sepakbola Indonesia lainnya yang dapat dibanggakan. Ia menjadi pemain Indonesia pertama yang merumput di liga kasta tertinggi Polandia. (*)

BERITA REKOMENDASI