Ernesto Valverde Pelatih Baru Barcelona, Blaugrana Berubah

ERNESTO Valverde resmi ditunjuk sebagai pelatih Barcelona pada Selasa (30/5/2017) dini hari WIB. Kedatangan Valverde diyakini akan menimbulkan perubahan atau gaya permainan baru di tubuh Blaugrana –julukan Barcelona.

Lantas, apa perubahan yang dimaksud? Meski belum diketahui secara pasti, Valverde pasti akan memberikan nuansa baru seperti yang telah ditunjukkan pelatih Barcelona sebelumnya, Luis Enrique.

Ketika mulai menangani Barcelona pada 2014, Lucho –sapaan akrab Enrique– memberikan sentuhan baru di permainan Lionel Messi dan kawan-kawan. Barcelona tak hanya fokus membangun serangan dari permainan bola-bola datar, Blaugrana –julukan Barcelona– pun bisa menghukum pertahanan lawan lewat bola-bola panjang.

Permainan bola-bola datar sendiri identik dengan Barcelona racikan Josep Guardiola (2008-2012). Saat itu, Guardiola mengandalkan gelandang yang sangat piawai dalam mendistribusikan bola seperti Xavi Hernandez, Andres Iniesta dan Sergio Busquets.

Akan tetapi selepas Guardiola meninggalkan tim, performa dua pemain yang disebut paling awal mengalami penurunan performa. Hal itu karena bertambahnya usia mereka. Beruntung, Enrique yang datang setelah dua musim mundurnya Guardiola sukses menemukan pola permainan anyar yang terbukti mampu mengerek prestasi Blaugrana.

Sekarang tinggal ditunggu, perubahan apa yang akan diberikan Valverde di segi permainan Barcelona. Kita baru bisa melihat permainan Barcelona racikan Valverde pada 22 Juli 2017, saat Messi dan kawan-kawan menghadapi Juventus di laga International Champions Cup yang dilangsungkan di Amerika Serikat. (*)

BERITA REKOMENDASI