Fakhri Husaini Benahi Lini Tengah

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mengevaluasi kesalahan umpan atau situasi eror yang masih sering terjadi di lini tengah dalam beberapa laga Piala Asia 2018. Fakhri melakukan evaluasi secara menyeluruh setelah menghadapi timnas Vietnam U-16 sekaligus jelang bertemu timnas India U-16 pada laga terakhir Grup C, Kamis (27/09/2018).

Setelah menyoroti kinerja sayap yang kurang maksimal pada sesi konferensi pers setelah pertandingan menghadapi Vietnam, pelatih 52 tahun itu mengungkap kebocoran di lini tengah yang memudahkan lawan menekan pertahanan yang digalang Fadilah Nur Rahman serta Komang Teguh Trisnanda.

"Secara umum anak-anak main bagus, ball possesion bagus. Tapi ada beberapa kesalahan umpan di tengah yang harusnya tidak dilakukan. Kami [mengalami situasi] berbahaya karena serangan balik dari kesalahan yang kami buat. Ketika bermain terbuka sebenarnya mereka [Vietnam] bangun serangan enggak pernah tembus pertahanan kami," terang Fakhri.

Selain berusaha meminimalkan kesalahan umpan di lini tengah, Fakhri juga akan mengantisipasi agar anak asuhnya tidak melakukan pelanggaran di dekat kotak penalti serta mengatur kembali transisi negatif atau peralihan dari situasi menyerang ke bertahan.

Mengenai permainan India, Fakhri menyoroti gaya yang mirip dengan Vietnam yakni lini pertahanan rapi. "India cukup bagus, kami sudah lihat video waktu [India] lawan Vietnam. Mereka pemain belakangnya disiplin. Vietnam disiplin dan kami sulit membongkar pertahanan mereka," jelas Fakhri.

Pada laga menghadapi India, Tim Merah Putih setidaknya butuh satu poin untuk memastikan tempat di babak perempat final. (*)

BERITA REKOMENDASI