Fakta Menarik Final Liga Champions

Editor: KRjogja/Gus

Final Liga Champions 2017/2018 tinggal menghitung jam. Partai puncak yang mempertemukan Real Madrid kontra Liverpool di Stadion Olimpiade Kiev Minggu dinihari (27/5) akan disiarkan di SCTV mulai pukul 01.45 WIB.

Nah, di final kali ini ada fakta-fakta menarik didalamnya. Apa aja ya kira-kira? 

1. Mohamed Salah Tetap Puasa
Bertepatan dengan bulan puasa, Final Liga Champions ini membuat dilema para pemain muslim yang akan bertanding untuk menjalankan ibadah puasa atau tidak, mengingat puasa di Kiev mencapai 18 jam. Seperti Karim Benzema, Achraf Hakimi, Sadio Mane dan Emre Can, adalah mereka yang masih bimbang untuk memilih keputusan akhir. Namun, Mohamed Salah dengan mantapnya memutuskan untuk tetap menjalankan rukun Islam ke-4 tersebut sebelum kickoff dimulai. Benar-benar muslim yang taat, ya!

2. Peforma Terbaik Salah di Liverpool
Ini merupakan musim milik Mohamed Salah. Pemain timnas Mesir tersebut tak henti-hentinya membuat decak kagum masyarakat pecinta bola di seluruh dunia. Selain berhasil membawa negaranya berkontribusi di Piala Dunia 2018, Salah juga sukses menyabet sederet penghargaan bersama klubnya. Seperti Sepatu Emas Liga Utama Inggris, karena sumbangan 32 golnya untuk The Reds serta Pemain Terbaik Liga Utama Inggris. Tak hanya itu, Salah juga mendapatkan gelar Pemain Terbaik Tahunan versi Football Writers Association (FWA). Ini merupakan kebanggan tersendiri bagi Salah dan Liverpool.

3. Liverpool Topskor di Liga Champions
Dengan trio andalan sebagai ujung tombak, Mohamed Salah-Sadio Mane-Roberto Firmino, Liverpool berhasil menyarangkan 40 gol ke semua gawang lawannya di final Liga Champions musim ini. Hasil itu membuat Liverpool berhasil menjadi klub dengan jumlah gol terbanyak di kompetisi tertinggi benua bir tersebut. Pencapaian yang luar biasa bagi tim asal Inggris, selamat Liverpool!

4. Ambisi berbeda Kedua Tim
Karena di dua musim sebelumnya Real Madrid selalu juara, Los Blancos bertekad untuk meraih gelar juara ketiga malam nanti. Dengan hasil tersebut, tim besutan Zinedine Zidane ini akan menjadi yang pertama meraih hattrick titel UEFA Champions League setelah Ajax Amsterdam di 1970-1973

Di kubu lawan, jika pemain bintangnya Mohamed Salah tetap berpuasa menjelang pertandingan, The Reds justru ingin mengakhiri puasa gelarnya di Liga Champions sejak 2005. Ini menjadi misi utama Jurgen Kloop yang baru sekali menembus final Champiosn League semasa karirnya. Kala itu, Kloop yang melatih Borussia Dortmund harus takluk oleh Bayern Munchen. Dan sekarang pelatih berkebangsaan Jerman tersebut memiliki kans untuk merubah nasibnya.

5. Nasib Tottenham di antara Real Madrid dan Liverpool
Siapapun juara di final kali ini, akan mempengaruhi posisinya di Liga Champions musim depan. Jika Real Madrid menang, Ronaldo dkk akan menempati Pot 1 sebagai juara bertahan. Tottenham yang berada di atas Liverpool pada klasemen akhir Liga Inggris berhak menempati Pot 2. Sedangkan Liverpool berada di Pot 3. Namun, jika The Reds sang kampiun mereka-lah yang akan menempati Pot 1 dan Tottenham harus puas di Pot 3. Sedangkan Real Madrid akan ada di Pot 2. Jadi, siapa yang akan menjadi juara? Kita tunggu saja ya!

BERITA REKOMENDASI