Fans Beri Solusi Tidak Biasa Soal Nasib Liga Inggris

Editor: Agus Sigit

LONDON, KRJOGJA.com – Masa depan sejumlah kompetisi elite Eropa termasuk Liga Inggris 2019-2020 menjadi pembahasan belakangan ini, di tengah mewabahnya virus corona. Ada yang menilai kompetisi bisa saja digulirkan kembali medio Mei 2020, namun ada juga yang menyarankan agar kompetisi dibatalkan, alias tanpa pemenang musim ini.

Jika kompetisi dibatalkan, Liverpool jadi yang paling dirugikan. Sebab, di Liga Inggris 2019-2020 Liverpool tampil luar biasa. Setelah melalui 29 pertandingan, Liverpool mengoleksi 82 angka, unggul 25 poin dari Manchester City di tempat kedua.

Dari sembilan pertandingan tersisa, Mohamed Salah dan kawan-kawan hanya membutuhkan enam poin tambahan untuk menjadi juara. Karena itu, Liverpool akan sangat terpukul jika kompetisi dibatalkan di tengah wabah Covid-19.

Namun, fans Manchester City, Sam, yang hadir di acara TalkSPORT, memberi solusi yang tidak dipikirkan banyak pihak sebelumnya. Di tengah pandemi virus corona, ia menilai sangat tidak mungkin kompetisi dilanjutkan. Karena itu dalam pandangan Sam, kompetisi mesti dibatalkan dan kembali dilanjutkan musim depan.

Hanya saja, bukan berarti hak Liverpool hilang begitu saja. Sam menyarankan, berhubung Liverpool saat ini unggul 25 angka dari peringkat kedua, The Reds akan memulai kompetisi dengan keunggulan 25 poin ketimbang tim-tim lainnya.

“Jelas idealnya kompetisi dibatalkan dan langsung menatap musim depan. Jadi, Liverpool akan memulai kompetisi dengan keunggulan 25 poin. Hal yang sama juga berlaku di divisi yang lebih rendah seperti Divisi Championship, League One, League Two dan National League. Saya pikir itu solusi terbaik,” kata Sam mengutip dari Sportbible, Rabu (18/3/2020).

Menurut The Telegraph, jika kompetisi dibatalkan, Liverpool dilaporkan tetap dinobatkan sebagai juara. Hanya saja, tidak ada tim yang terdegradasi dan Liga Inggris 2020-2021 berpotensi diikuti 22 tim, mengingat akan ada dua tim dari Divisi Championship 2019-2020 yang promosi ke kasta teratas.

BERITA TERKAIT