FC Porto Bantai AS Roma

ROMA (KRjogja.com) – Hanya mampu bermain imbang 1-1 di leg pertama, AS Roma terdeterminasi untuk tampil lepas pada leg kedua menghadapi FC Porto, Rabu (24/8/2016) dini hari WIB. AS Roma mengubur impiannya untuk tampil di Liga Champions musim depan usai kalah 0-3 dari FC Porto (agregat 1-4). Tiga gol Porto dicetak oleh Felipe, Miguel Layun, dan Jesus Corona.

Roma sejatinya bermain tidak buruk. Namun tidak disiplinnya permainan anak asuh Luciano Spalletti berakhir dengan tragis. Pada pertandingan ini, dua pemain Roma diusir wasit yakni Daniele de Rossi dan Emerson Palmieri.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

FC Porto memulai laga dengan impresif. Baru berjalan delapan menit berjalan, The Dragons sudah unggul. Sang pencetak gol yakni Felipe yang pada leg pertama mencetak gol bunuh diri. Sundulannya menembus jala gawang Szczęsny. Skor 1-0.

Roma tampak mendominasi permainan memasuki menit 18. Sayangnya beberapa kali percobaan serangan tidak menemukan sasaran. Nainggolan dan Dzeko berulang kali mengancam gawang Porto melalui kombinasi umpan lambung.

Porto yang sudah unggul satu gol tampak bermain cukup tenang. Unggul 2-1 secara agregat membuat tim yang identik dengan warna biru tersebut terlihat tidak mau terburu-buru untuk menambah keunggulan.

Porto meskipun tak banyak menyerang dan menguasai bola, namun melayangkan ancaman yang lebih berbahaya ke gawang Roma. Lini pertahanan Roma sendiri
juga tampak kendur padahal sudah kebobolan satu gol.

Peluang emas untuk Roma! Pada menit 35 Serigala Ibu Kota hampir saja menyamakan kedudukan melalui kaki Mohamed Salah. Sayangnya tendangan eks pemain Chelsea tersebut masih bisa dihadang oleh kaki Iker Casillas.

Nahas untuk Roma! Kapten tim, Daniele De Rossi, diusir keluar lapangan. Tekel kerasnya kepada pemain FC Porto, Maxi Pereira, harus dibayar dengan mahal. Ini merupakan kartu merah kedua secara beruntun untuk Roma. Pada leg pertama pemain Roma, Thomas Vermaelen, juga terkena kartu merah. Babak pertama ditutup dengan skor 1-0.

Babak Kedua

Kartu merah lagi untuk Roma. Pada menit 50 giliran Emerson Palmieri yang dikartu merahkan oleh wasit. Tekel kerasnya kepada pemain FC Porto membuatnya harus diusir keluar lapangan. Padahal Palmieri baru saja bermain di pengujung babak pertama menggantikan Paredes.

Serigala Ibu Kota semakin frustrasi karena semakin sulit untuk menembus pertahanan milik Porto. Meski demikian, Roma masih menguasai bola di pertandingan tersebut meskipun hanya bermain dengan sembilan orang saja.

Hampir saja Perotti menjebol gawang Porto! Pada menit 56 umpan silang ke area kotak penalti gagal diselesaikan dengan baik karena alur bola lebih cepat. Selang dua menit, Edin Dzeko digantikan oleh Juan Iturbe.

Porto kembali menambah gol! Pada menit 73 Si Naga menambah keunggulan melalui pemain yang baru masuk di pertengahan babak pertama, Miguel Layun. Kesalahan antisipasi dari Szczęsny membuat Layun leluasa menceploskan bola.

Hanya selang dua menit, Porto mencetak gol ketiga pada pertandingan tersebut. Kali ini Jesus Corona yang mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan kerasnya menembus jala gawang Roma. Skor 3-0 (agregat 4-1). Hingga pertandingan berakhir skor tetap bertahan untuk kemenangan Porto.

Susunan Pemain:

AS ROMA: SzczÄ™sny, Bruno Peres, Manolas, Juan, Salah, Strootman, Perotti (Gerson 85’), Nainggolan, Dzeko (Iturbe 58’).

Kartu Merah: De Rossi, Palmieri.

FC PORTO: Casillas, Maxi Pereira (Layun 45’), Felipe, Marcano, Alex Telles, Corona, Herrera, Danilo, André André, Otávio, André Silva (Adrian Lopez 65’). (*)

BERITA REKOMENDASI