FIFA Resmi Tunjuk 6 Stadion Gelar Pertandingan Piala Dunia U-20, Dimana Saja?

JAKARTA, KRJOGJA.com – Sekretaris Menpora, Gatot S. Dewa Broto, mengonfirmasi akan ada enam stadion yang menggelar pertandingan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada 20 Mei hingga 11 Juni 2021. Konfirmasi itu disampaikan Gatot setelah FIFA memilih enam stadion yang bakal menjadi venue Piala Dunia U-20 2021.

Awalnya, FIFA meminta kepada PSSI untuk memilih empat stadion saja. Hanya saja lewat berbagai argumentasi, permintaan PSSI untuk menjadikan enam stadion sebagai venue disetujui FIFA.

Sebanyak enam stadion itu meliputi Stadion Gelora Utama Bung Karno (Jakarta), Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali). Nantinya, perwakilan FIFA akan datang ke Indonesia pada Maret 2020 untuk memantau langsung stadion-stadion tersebut.

"Jumlah stadion yang semula akan ditetapkan oleh FIFA hanya empat stadion utama, akhirnya disetujui oleh FIFA menjadi enam stadion utama," kata Gatot dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Kamis (23/1/2020).

"Di luar stadion-stadion tersebut masih harus disiapkan sejumlah stadion lain sebagai stadion pendukung,” lanjut Gatot.

Ditunjuknya enam stadion di atas bukanlah hal yang mengejutkan. Sebab, pada Piala Dunia U-20 edisi-edisi sebelumnya, FIFA selalu menggunakan enam stadion. Terbaru, saat Piala Dunia U-20 2019 digelar di Polandia, enam stadion yang menggelar pertandingan adalah Stadion Miejski, Zdzislaw Krzyszkowiak, GOSir, Widzewa, Arena Lubin dan Miejski W Tychag.

Tidak hanya dari segi infrastruktur, persiapan dari segala mana pun tengah dikebut PSSI maupun pemerintah. Sekadar informsi, Timnas Indonesia U-19 yang diproyeksikan tampil di Piala Dunia U-20 2021 tengah menjalani pemusatan latihan di Thailand dari 21 Januari hingga 2 Februari 2020. (*)

 

BERITA REKOMENDASI