Futsal Indonesia Cetak Sejarah Masuk 4 Besar Asia, Peran dari Hari Tanoesoedibyo?

JAKARTA(KRjogja.com) – Timnas Futsal U-20 kembali menunjukkan permainan terbaiknya. Skuad Garuda muda ini melaju ke babak Semifinal  Piala Asia Futsal U-20 setelah mengalahkan Vietnam dengan hasil akhir 7-5, di Pour Sharifi Indoor Stadium, Tabriz, Iran, Selasa (18/6/2019).

Kemenangan tersebut adalah kali ketiga Timnas menang secara berturut-turut, sekaligus mencetak sejarah di ajang Piala Asia Futsal U-20 2019. Untuk kali pertama sepanjang sejarah, Timnas Futsal Indonesia lolos ke semifinal Piala Asia Futsal U-20.

"Terima Kasih Ketum. Semua pelaku Futsal di Tanah Air, sangat paham bahwa perjalanan dan pencapaian Futsal Indonesia tidak terlepas dari kepemimpinan dan komitmen Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia Bapak Hary Tanoesoedibjo selama ini," kata Sekretaris Jenderal Federasi Futsal Indonesia (FFI) Edhi Prasetyo, lewat pesan elektronik, Selasa (18/6/ 2019).

Sore ini, Kamis (20/6/2018) Timnas Futsal U-20 akan meladeni Afganistan untuk meraih asa masuk di final kejuaraan Piala Asia U-20. 

Menurut Edhy Prasetyo, komitmen Hary dalam memajukan futsal di Tanah AIr terlihat dari berbagai kebijakan yang dilakukannya, mulai dari mendatangkan pelatih asal Jepang yaitu Kensuke Takahashi, mengadakan berbagai turnamen berskala nasional secara berkelanjutan, mengadakan laga uji coba secara terus menenerus dengan tim-tim internasional, dan selalu mengikuti even even internasional. 

"Semua itu dibiayai secara pribadi oleh Ketua Umum FFI," kata Wakil Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia (FFI) Syafril Nasution. Hary memberangkatkan rombongan Timnas U-20 Futsal Indonesia ke Iran sebanyak 28 orang, terdiri dari official dan pemain.

Bahkan, Hary terjun langsung  memberikan pembekalan motivasi dan menanamkan rasa percaya diri pada timnas saat melepas langsung keberangkatan timnas ke Iran pada Minggu dini hari (9/6/ 2019) di Bandara Soekarno Hatta. Pada  pertandingan yang berlangsung melawan Vietnam, Selasa (18/6/2019) Indonesia tampil dominan sejak pertandingan dimulai. Anak asuh Kinesuke Takahashi mampu mengungguli permainan cepat Vietnam. 

Ketika pertandingan memasuki menit ke-10, melalui Abdussalam membawa Indonesia unggul setelah tendangan mendatar tak bisa diantisipasi kiper Vietnam.  Ketinggalan gol, Vietnam  makin meningkatkan tensi permainan. Duel keras pun tak bisa terhindari dan kondisi tersebut membuat Kensuke melancarkan protes. 

Di tengah upaya Vietnam mengejar ketinggalan, pemain Indonesia berhasil memanfaatkan kondisi. Pada menit ke-17 giliran Syaifullah yang mencatatkan namanya di papan skor. Keunggulan Indonesia itu bertahan sampai turun minum. 
Permainan cepat kembali mewarnai babak kedua.

Namun, lagi-lagi Indonesia berhasil memanfaatkan kelengahan pemain Vietnam. Gol demi gol pun lahir dari kaki Syaefullah, Muhammad Sanjaya. Sementara Vietnam juga berhasil mencetak gol untuk mengejar ketinggalan setelah memainkan power play. 

Diketahui sebelumnya Timnas menyapu bersih dua pertandingan dengan kemenangan, yakni 6-3 atas Taiwan dan 2-1 kontra Irak. Kemenangan atas Irak terasa spesial. Sebab, Irak merupakan runner-up Piala Asia Futsal U-20 edisi perdana yang dilangsungkan di Thailand pada Mei 2017.  Laga semifinal sendiri akan dilakoni Indonesia melawan Afghanistan pada Kamis, 20 Juni 2019 mulai pukul 18.00 WIB. (Fon)

BERITA REKOMENDASI