Gilas Mongolia, Timnas U-22 Berpeluang Lolos Ke Piala Asia U-23

BANGKOK, KRJOGJA.com – Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-22 tampil impresif di matchday kedua Grup H Kualifikasi Piala Asia U-23. Bertemu Mongolia di National Stadium, tim asuhan Luis Milla menang 7-0!

Berkat kemenangan ini, Garuda Muda membuka asa untuk lolos ke putaran final Piala Asia yang berlangsung di China 9-27 Januari 2018. Saat ini Indonesia dan Malaysia telah meraih tiga poin, sedangkan Thailand dan Mongolia sama-sama meraih satu angka.

Namun, Thailand dan Malaysia baru melakoni satu pertandingan, beda dengan Indonesia dan Mongolia yang telah melalui dua laga. Thailand dan Malaysia akan saling bertemu malam nanti.

Selanjutnya, Indonesia akan ditantang tuan rumah Thailand pada Minggu 23 Juli 2017 malam WIB. Jika mampu mengalahkan Thailand di laga terakhir, peluang lolos semakin terbuka bagi Evan Dimas dan kawan-kawan.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Sejak awal laga, Timnas Indonesia U-22 langsung mengurung pertahanan Mongolia. Pada menit kelima, Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– hampir membuka keunggulan, asalkan tembakan Marinus Manewar tidak menyamping dari gawang kiper Mongolia, Saikhanchuluun.

Dominasi tim asuhan Luis Milla membuahkan hasil pada menit 17. Memanfaatkan umpan Osvaldo Haay, Saddil Ramdani berhasil melewati beberapa pemain Mongolia sebelum melepaskan tembakan kaki kiri terukur di dalam kotak penalti. Indonesia 1-0 Mongolia.

Unggul satu gol tak membuat Timnas Indonesia U-22 mengendurkan serangan. Mongolia racikan Michael Weiss benar-benar tertekan, meski sesekali mencoba membangun serangan lewat serangan balik.

Akan tetapi, racikan Milla lebih manjur ketimbang Weiss. Pada menit 31, Marinus menggandakan keunggulan Indonesia. Memanfaatkan umpan silang Osvaldo, sundulan penyerang Persipura itu gagal ditahan kiper Mongolia. Indonesia unggul 2-0.

Tiga menit berselang, Indonesia hampir mencetak gol ketiga lewat sepakan Evan Dimas. Namun, sepakan gelandang Bhayangkara FC itu masih dapat ditahan kiper Mongolia.

Selang dua menit dari peluang Evan, Indonesia benar-benar mencetak gol ketiga. Gavin Kwan Adsit yang melakukan overlapping berhasil memanfaatkan umpan lambung dari Marinus. Indonesia unggul 3-0 dan skor tersebut bertahan hingga babak pertama usai.

Babak Kedua

Indonesia yang membutuhkan kemenangan telak untuk memperbaiki selisih gol langsung menekan Mongolia di paruh kedua. Pada menit 47, Marinus hampir mencetak gol keduanya di laga ini. Namun, tembakan pemain bernomor punggung sembilan itu masih dapat ditepis kiper Mongolia.

Bukannya bangkit setelah tertinggal tiga gol, Mongolia justru semakin tertinggal pada menit 56. Di menit tersebut, Indonesia mencetak gol keempat via Saddil Ramdani. Gol bermula dari kemelut di muka gawang Mongolia, Saddil yang bermain untuk Persela Lamongan dengan tenang menahan bola dan melepaskan sepakan kaki kiri mendatar untuk menjebol gawang lawan.

Unggul empat gol membuat tim asuhan Luis Milla semakin berada di atas angin. Pada menit 70, Indonesia hampir mencetak gol kelima. Osvaldo Haay yang tak terkawal memberi umpan ke Septian David Maulana. Namun, tembakan Septian David masih membentur mistar gawang Mongolia.

Namun semenit berselang, Indonesia benar-benar mencetak gol kelima. Gol kelima Indonesia dicetak Osvaldo Haay pada menit 71. Pesepakbola yang bermain untuk Persipura Jayapura itu tinggal menceploskan bola ke gawang kosong, setelah memanfatkan bola rebound hasil tembakan Evan Dimas. Indonesia 5-0 Mongolia.

Tidak sampai di situ, Indonesia mencetak gol keenam pada menit 88. Tendangan bebas Septian David Maulana berhasil ditepis Mongolia, namun bola rebound berhasil dimanfaatkan Gavin untuk mencetak gol kedua.

Tiga menit berselang atau di masa injury time, Septian David akhirnya mencetak gol dan membawa Indonesia unggul 7-0. Gol terjadi setelah Septian David melakukan umpan one-two dengan Marinus. Tinggal berhadapan dengan kiper, Septian David yang bermain untuk Mitra Kukar tinggal melepaskan sepakan pelan. Skor 7-0 bertahan hingga akhir laga.

Susunan Pemain Indonesia vs Mongolia

Indonesia (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie; Gavin Kwan Adsit, Bagas Adi Nugroho (Ryuji Utomo 76’), Hansamu Yama Pranata, Muhammad Rezaldi Hehanusa; Osvaldo Ardiles Haay, Evan Dimas Darmono, Muhammad Hargianto (Andy Setyo 73’); Septian David Maulana, Saddil Ramdani (Yabes Roni 58’), Marinus Manewar.

Mongolia (5-3-2): Saikhanchuluun, Munkh Orgil, Bilguun, Tuguldur Galt, Narmandakh, Uuganbat, Ganbayar, Tuguldur, Tserenbayar, Gal Erdene, Oyunbaatar. (*)

 

 

 

BERITA REKOMENDASI