Gilas Myanmar 7-1, Timnas U-19 Juara Ketiga

YANGON, KRJOGJA.com – Timnas U-19 Indonesia akhirnya mampu mengakhiri gelaran Piala AFF U-18 dengan berada di posisi ketiga. Hal tersebut didapatkan setelah menaklukkan timn tuan rumah Myanmar dengan skor 7-1 di laga perebutan tempat ketiga.

Adapun pada laga tersebut, gol Garuda Nusantara dicetak oleh Rafli (14’, 59’), Witan (27’), Egy (35’, 85’) dan Saghara (72’, 90). Sementara Myanmar hanya mampu membalas di pengujung babak kedua lewat lesakkan Pyae Sone Naing (90’).

Kemenangan ini membuat Indonesia berhasil menempati posisi ketiga pada kejuaraan Piala AFF U-18 2017. Tentunya menang dengan skor besar merupakan kebangkitan tim asuhan Indra Sjafri setelah digagalkan Thailand di semifinal.

 

Jalannya Pertandingan

Memasuki babak pertama, Indonesia mencoba melakukan passing pendek di area tengah. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah aliran bola ke lini depan.

Para pemain Myanmar bermain dengan teknik tinggi. Beberapa peluang sempat didapatkan Lwin Moe tapi beruntung kiper muda Indonesia, Aqil mampu bermain baik di bawah mistar.

Muhammad Rafli Mursalim berhasil membawa Garuda Nusantara unggul 1-0 atas Myanmar di menit 14. Rafli memanfaatkan umpan datar dari Egy Maulana yang berhasil masuk ke daerah pertahanan lawan. Indonesia unggul 1-0.

Witan Sulaiman, berhasil mencatatkan namanya di papan skor di menit ke-27. Kali ini, Witan lolos dari jebakan offside, ia yang berhadapan dengan kiper Myanmar begitu tenang melesakkan bola. 2-0 untuk keunggulan Indonesia!

Egy Maulana Vikri sukses mencetak gol lewat kepalanya di menit 35. Ia mencetak angka setelah memanfaatkan umpan dari Witan. Skor 3-0 untuk keunggulan Garuda Nusantara hingga turun minum.

Babak Kedua

Usai turun minum, pemain Indonesia berupaya menahan gempuran pemain Myanmar yang bermain cepat. Selaku tuan rumah, Myat Kaung Khant dan kolega terus mengempur area pertahanan Garuda Nusantara.

Kali ini penyerang Timnas U-19 Indonesia, Muhammad Rafli kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit 60. Ia memanfaatkan umpan terobosan dari Egy yang berada di tengah. Tanpa ragu, Rafli menceploskan bola ke gawang Myanmar. 4-0 untuk keunggulan Indonesia!

Rafli yang terlihat kelelahan akhirnya digantikan Hanis Saghara pada menit 63. Tak membutuhkan waktu lama, Hanis berhasil menceploskan bola ke gawang Myanmar pada menit 73. Ia memanfaatkan pergerakan M.Iqbal di posisi sayap kiri. 5-0 untuk keunggulan Indonesia!

Para pemain Myanmar terlihat frustrasi. Itu terlihat saat Myat mendapatkan kartu kuning setelah melakukan pelanggaran keras terhadap Witan.

Jelang waktu krusial di menit 86, Egy Maulana kembali menciptakan gol manis ke gawang Myanmar. Ia melakukan sentuhan one-two dengan Hanis Saghara di dalam kotak penalti lawan. 6-0 untuk keunggulan Garuda Nusantara.

Gawang Indonesia akhirnya kebobolan di masa injury time. Adalah Pyae Sone Naing melepaskan sepakkan keras dari luar kotak penalti. Kiper Garuda Nusantara, Muchamad Aqil Savik tak mampu menjangkau bola. 6-1 untuk keunggulan Indonesia.

Meski demikian, Timnas U-19 Indonesia kembali membalas lewat sontekkan Hanis Saghara. Skor berakhir 7-1 untuk kemenangan Merah Putih.

Susunan Pemain:

Indonesia:  Aqil, Rifad, Julyano, Nur hidayat, Samuel, Luthfi, Witan, Asnawi, Irsan, Egy M. Rafli (Hanis Saghara ’63).

Myanmar: Wai Yan; Moe Khant, Soe Moe, Htike, Naing; Aung, Sone, Wunna, Phyo; Wai, Lwin Moe. (*)

BERITA REKOMENDASI