Gol Cepat Juventus Bikin Madrid Tidak ‘Pede’

MADRID (KRjogja.com) – Pelatih Real Madrid Zinedine Zidane menyebut gol cepat Juventus yang dicetak Mario Mandzukic di laga leg II perempatfinal LIga Champions 2017-2018 mengubah jalannya pertandingan. Zizou –sapaan akrab Zidane– menilai gol cepat tersebut membuat Madrid kesulitan mengembangkan permainan.

Madrid tampil di laga leg II dengan kepercayaan diri tinggi. Sebab pada leg I yang berlangsung di markas Juventus, Cristiano Ronaldo dan kawan-kawan unggul 3-0. Akan tetapi, Juventus yang datang ke Santiago Bernabeu dengan kondisi nothing to lose, tampil merepotkan Madrid.

Laga baru berjalan dua menit, Juventus unggul 1-0 via sundulan Mario Mandzukic usai menerima umpan Sami Khedira. Usai gol tersebut, kepercayaan diri pemain Juventus mulai tumbuh. Akibatnya, serangan-serangan Madrid pun dapat dimentahkan kiper Juventus, Gianluigi Buffon.

Bahkan pada menit 37, Madrid tertinggal 2-0. Hal itu setelah Mandzukic untuk kedua kalinya mengoyak jala gawang Keylor Navas usai menerima umpan silang Stephan Lichtsteiner. Madrid semakin dalam tekanan setelah Juventus mencetak gol ketiga lewat Blaise Matuidi pada menit ke-60.

Agregat sama kuat 3-3 dan jika Juventus sanggup mencetak satu gol tambahan, mereka yang akan melaju ke semifinal. Akan tetapi, dewi fortuna mengarah ke Madrid setelah di masa injury time babak kedua, mereka mendapatkan hadiah penalti setelah Lucas Vazquez dinilai wasit Michael Oliver dijatuhkan Medhi Benatia di kotak terlarang.

Ronaldo yang ditunjuk sebagai eksekutor pun berhasil menjalankan tugasnya dengan baik. Skor berubah 1-3 dan Madrid pun lolos ke semifinal setelah unggul agregat 4-3 atas Bianconeri –julukan Juventus.

“Saya tidak pernah berpikir kami akan tersingkir. Akan tetapi, laga menjadi sulit ketika kami kebobolan di awal pertandingan. Gol itu mengubah jalannya pertandingan. Juventus mengalami perkembangan dan itu menyulitkan kami,” kata Zidane mengutip dari laman resmi UEFA, Kamis (12/4/2018).

Selanjutnya, siapa lawan Madrid di semifinal baru akan diketahui dalam undian yang dilangsungkan di markas UEFA, Nyon, Swiss pada Jumat 13 April 2018 mulai pukul 18.00 WIB. Selain Madrid, tiga klub lain yang lolos ke semifinal ialah AS Roma, Liverpool dan Bayern Munich. (*)

BERITA REKOMENDASI