Gol Sutan Zico Selamatkan Timnas U-16

Editor: Ivan Aditya

MALAYSIA, KRJOGJA.com – Timnas Indonesia U-16 hanya mampu bermain imbang 1-1 saat melawan Vietnam pada pertandingan Grup C Piala Asia U-16 2018 di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (24/09/2018). Walau bermain imbang namun peluang Timnas untuk melaju fase berikutnya tetap terbuka.

Dominasi Timnas Indonesia U-16 di babak pertama tidak berarti. Tim asuhan Fakhri Husaini gagal membongkar pertahanan Vietnam yang tampil solid di babak pertama. Tidak adanya Mochammad Supriadi di sisi kiri serangan Timnas Indonesia U-16 membuat serangan tim Merah Putih sedikit tumpul.

Baca juga :

Jelang Hadapi Vietnam, Brylian Aldama Siap Tempur

Jumpa Timnas U-16, Pelatih Vietnam Langsung 'Panik'

Terus mendominasi permainan, Timnas Indonesia U-16 justru kebobolan pada menit ke-31. Berawal dari pelanggaran yang dilakukan Muhammad Salman Alfarid, Vietnam mendapat tendangan bebas dari posisi yang sebenarnya kurang berbahaya.

Khuat Van Khang yang menjadi eksekutor tendangan bebas menciptakan gol cukup cantik setelah bola yang diarahkannya ke kiri atas gawang tidak mampu dihentikan kiper Ernando Tri Sutaryadi. Skor 1-0 untuk Vietnam bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua Fakhri memutuskan untuk memasukkan Sutan Zico dan menarik keluar Amanar Abdillah. Hasilnya, Sutan Zico hanya butuh waktu lima menit untuk mencetak gol penyeimbang Timnas Indonesia U-16 pada menit ke-50.

Setelah memotong bola umpan Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Zico kemudian memotong bola dan melepaskan tendangan kaki kanan dari sudut sempit yang tidak mampu dihentikan kiper Vietnam Nguyen Duy Dung.

Timnas Indonesia U-16 tertinggal lewat tendangan bebas Khuat Van Khang di babak pertama.Timnas Indonesia U-16 tertinggal lewat tendangan bebas Khuat Van Khang di babak pertama. (Dok. AFC)
Saat kedudukan imbang 1-1 pertandingan berlangsung semakin menarik. Timnas Indonesia U-16 sempat mendapat peluang emas pada menit ke-79 melalui Hamsa Lestaluhu. Namun, penyelesaian akhir Hamsa di depan mulut gawang Vietnam tidak tepat dan bisa diantisipasi dengan mudah.

Setelah itu Vietnam memiliki dua peluang emas untuk mencetak gol. Pada menit ke-82, tendangan Dau Ngoc Thanh masih membentur tiang gawang sisi kanan dan bisa ditangkap kiper Ernando Ari. Satu menit kemudian Ernando memblok tendangan Ha Trung Hau.

Di pengujung babak kedua Fakhri memasukkan Supriadi yang langsung memberikan perubahan dalam serangan Timnas Indonesia U-16. Tapi, hingga laga usai Timnas Indonesia U-16 gagal mencetak gol kemenangan. Skor 1-1 tetap bertahan. (*)

BERITA REKOMENDASI