Guardiola Rutin Pantau 3 Klub Ini, Kenapa Ya?

MANCHESTER (KRjogja.com) – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola, mengaku rutin menyaksikan pertandingan tiga klub sepakbola Eropa. Ketiga klub itu ialah Barcelona, Napoli dan Tottenham Hotspur. Alasan Guardiola menyaksikan ketiga klub itu karena kagum dengan pola permainan yang dikembangkan mereka.

Baik Barcelona, Napoli dan Tottenham merupakan klub penganut gaya sepakbola menyerang. Siapa pun pelatihnya, Barcelona selalu memeragakan pola permainan menyerang. Sementara itu, Napoli semenjak ditangani pelatih Maurizio Sarri jadi lebih berani untuk bermain terbuka.

Hasilnya pun tak buruk, yang mana Napoli selalu finis di tiga besar Liga Italia semenjak dipegang Sarri. Bahkan hingga Liga Italia 2017-2018 memasuki pekan 20, Napoli duduk di puncak klasemen dengan koleksi 51 angka, unggul satu poin dari Juventus di posisi dua.

Hal yang sama juga berlaku bagi Tottenham. Pelatih Mauricio Pochettino mengubah mental Harry Kane dan kawan-kawan menjadi salah satu klub kuat di Inggris. Bahkan musim lalu berkat permainan terbuka nan menyerang, Tottenham finis di posisi dua Liga Inggris.

“Saya bisa dibilang sebagai fans sepakbola ketimbang sekadar seorang pelatih. Saya senang menikmati permainan Barcelona. Sebab saya merupakan fans klub itu dan tumbuh di sana. Saya juga menikmati gaya permainan Napoli. Hal yang sama juga ditunjukkan Tottenham Hotspur. Mereka mampu mencetak 25 shot per pertandingan meski mengalami kekalahan,” kata Guardiola mengutip dari Calciomercato, Selasa (16/1/2018).

Guardiola pun tak sekadar mengagumi permainan ketiga klub di atas. Pelatih berpaspor Spanyol itu juga mengaplikasikan gaya permainan terbuka ke klub-klub yang pernah dan masih ditanganinya. Sebut saja Barcelona, Bayern Munich dan kini Manchester City.

Setelah sukses besar bersama Barcelona dan Bayern, Guardiola sedang mencoba meraih kesuksesan bersama The Citizens –julukan Man City. Berkat permainan atraktif, Manchester Biru saat ini berada di puncak hingga Liga Inggris 2017-2018 memasuki pekan 23. Mereka mengoleksi 62 angka, unggul 12 poin dari Manchester United di posisi dua. (*)

BERITA REKOMENDASI