Hajar Kamboja 13-0, Indonesia Pastikan Lolos Semifinal Piala AFF

SLEMAN, KRJOGJA.com – Timnas Futsal Indonesia memastikan lolos semifinal Piala AFF 2018 setelah dalam laga terakhir grup A melawan Kamboja Rabu (7/11/2018) meraih kemenangan telak 13-0. Di laga sebelumnya, Malaysia juga menang dengan skor 3-2 melawan Myanmar sekaligus menjadi juara grup yang secara tidak langsung menguntungkan Indonesia. 

Laga Indonesia kontra Kamboja sendiri terlihat sangat berat sebelah. Timnas Kamboja yang dua laga sebelumnya juga dibantai Malaysia dan Myanmar masih terlihat kalah kelas dibandingkan Indonesia. 

Tak heran 13 gol berhasil disarangkan anak asuhan Kensuke Takahashi. Padahal, dua pemain andalan yakni M Iqbal dan Andri Kustiawan tidak disertakan dalam line up karena cidera saat melawan Malaysia kemarin. 

Seluruh pemain timnas yakni Al Fajri, Bambang Bayu Saptaji, Rio Pangestu, Marvin Alexa Wossiry, Syauqi Saud, M Subhan Faidasa, Randy Satria Mushar, Ardiansyah Runtuboy, Fhandy Permana hingga Aditya Muhammad Rasyid mencatatkan nama di papan skor untuk memastikan kemenangan Indonesia. Alhasil 13 gol tercipta bagu Indonesia di sepanjang 2 x 20 menit. 

Pelatih timnas Indonesia, Kensuke Takahashi mengaku hasil laga melawan Kamboja membawa banyak manfaat bagi mentalitas timnas. Menurut dia, kepercayaan diri para pemain mulai muncul kembali usai kalah dari Malaysia kemarin yang mana hal tersebut bermanfaat sebagai modal laga semifinal. 

“Hasil tadi, sedikit banyak bermanfaat untuk kami. Kami tetap respect pada lawan tapi secara mental kemenangan ini bermanfaat untuk langkah kedepan kami,” ungkapnya usai laga. 

Kepercayaan diri dan mentalitas kuat menurut Kensuke sangat penting untuk langkah selanjutnya. Pasalnya, di semifinal timnas sudah dinanti lawan berat antara Thailand atau Vietnam. 

“Kami harus kerja keras nanti, Thailand dan Vietnam sama-sama tim berpengalaman sehingga kami harus bermain 100 persen. Kami masih punya kans menjuarai turnamen ini dan akan berusaha sebaik mungkin,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI