Harga Pemain Tak Lagi Masuk Akal, Ronaldo Maklum

TURIN, KRJOGJA.com – Pesepakbola bintang andalan Juventus, Cristiano Ronaldo, menyebut harga transfer pemain di zaman sekarang sudah tak lagi masuk akal. Meski begitu, pesepakbola 34 tahun itu tetap menghormatinya. Sebab, Ronaldo paham dengan perkembangan industri yang kian pesat seperti saat ini, uang dapat dijadikan senjata utama.

Semenjak Chelsea diambil alih Roman Abramovich pada 2003, harga pemain-pemain rata-rata melonjak drastis. Kondisinya semakin parah ketika Neymar Jr diboyong Paris Saint-Germain (PSG) pada bursa transfer musim panas 2017 seharga 222 juta euro (Rp3,53 triliun).

Sejak saat itu, banyak transfer yang melibatkan uang ratusan juta euro, padahal si pemain belum menunjukkan kelasnya bersama klub terdahulu. Salah satunya Ousmane Dembele yang diboyong Barcelona senilai 125 juta euro atau setara Rp1,99 triliun pada musim panas 2017. Padahal, Dembele saat itu baru dua musim menjalani karier sebagai pesepakbola profesional.

Kemudian harga fantastis juga tersaji di sektor penjaga gawang. Chelsea berani memecahkan rekor transfer kiper termahal saat mendatangkan Kepa Arrizabalaga dari Athletic Bilbao pada musim panas 2018 seharga 80 juta euro (Rp1,27 triliun).

“Sulit untuk membuat perhitungan di sepakbola saat ini. Anda harus bertaruh untuk pemain potensial, dan industri sepakbola adalah hal yang berbeda. Terlepas dari Joao Felix (pindah ke Atletico Madrid seharga 120 juta euro), ada banyak pemain yang dihargai 100 juta euro, meski belum menunjukkan apa pun,” kata Ronaldo mengutip dari Football Espana, Sabtu (24/8/2019).

“Bahkan, seorang pemain belakang dan penjaga gawang dihargai 70-80 juta euro. Meski saya tidak setuju dengan tren di atas, namun kami harus menghormatinya,” tutup Ronaldo yang sempat berstatus sebagai pemain termahal di dunia tersebut.

BERITA REKOMENDASI