Henry Dapat Dukungan Jadi Pelatih Arsenal

Editor: KRjogja/Gus

BARCELONA (KRjogja.com) – Mantan Presiden Barcelona, Joan Laporta, mendukung Thierry Henry untuk menjadi pelatih Arsenal selanjutnya menggantikan posisi Arsene Wenger. Laporta menilai Henry memiliki banyak modal untuk menjadi juru taktik The Gunners –julukan Arsenal.

Siapa pelatih Arsenal musim depan lagi banyak dibicarakan. Wenger dinilai sudah tak layak menangani Arsenal. Sebab pelatih berpaspor Prancis itu tak kunjung mengangkat prestasi London Merah. Bayangkan, gelar Liga Inggris terakhir yang diraih Wenger untuk Arsenal ialah pada 2003-2004, atau hampir 14 tahun yang lalu.
Musim ini, prestasi Arsenal di Liga Inggris juga tak bisa dibanggakan. Hingga memainkan 27 pertandingan, Mesut Ozil dan kawan-kawan tercecer di posisi enam dengan koleksi 45 angka. Mereka bahkan terpaut 27 poin dari Manchester City di puncak klasemen.

Karena itu, Gooners –sebutan untuk fans Arsenal– mendorong manajemen Arsenal untuk melakukan pergantian pelatih. Mereka tak ingin Arsenal terus dipimpin Wenger yang tak kunjung memberikan trofi prestisius bagi publik Emirates Stadium.

Beberapa nama sudah dikait-kaitkan akan menangani Arsenal musim depan. Sebut saja Joachim Low, Carlo Ancelotti, Mikel Arteta, Leonardo Jardim dan juga Henry. Namun, Henry disebut-sebut jadi kandidat terkuat. Dalam hal manajerial, pengalaman Henry memang tak setinggi empat nama lainnya. Namun, Henry mengenal betul seluk-beluk atau sejarah Arsenal.

Henry merupakan legenda Arsenal dalam kapasitas sebagai pemain. Pria berpaspor Prancis itu berstatus sebagai top skor sepanjang masa Arsenal dengan koleksi 227 gol dari 371 penampilan. Selama membela Arsenal, ia setidaknya memenangi dua trofi Liga Inggris dan tiga gelar Piala FA. Pengalaman itu sudah cukup bagi Henry untuk mengembalikan kejayaan Arsenal.

“Jika ingin menjadi pelatih dan lebih spesifik lagi ingin menangani Arsenal, Henry harus meyakinkan dirinya bahwa ia bisa sukses. Sebab ia sudah menunjukkan kelasnya sewaktu aktif sebagai pemain. Ia tahu sepakbola dan merupakan salah satu pemain terbaik di dunia. Henry layaknya Pep Guardiola dan Johann Cruyff yang mengenal betul sepakbola,” kata Laporta mengutip dari Sportskeeda, Kamis (1/3/2018).

“Henry mengenal Arsenal dan juga para suporternya. Henry layak mendapatkan segalanya yang telah dicapai. Saya yakin ia akan menjadi pelatih hebat. Melihat reputasinya, sulit melihatnya untuk gagal,” lanjut Presiden Barcelona di periode 2003-2010 itu.  (*)

BERITA REKOMENDASI