Higuain Sebut Pertahanan Klub Inggris Rapuh

LONDON (KRjogja.com) – Penyerang Juventus, Gonzalo Higuain, menyebut timnya baru saja melewati pertandingan sulit kontra Tottenham Hotspur di leg II 16 besar Liga Champions 2017-2018 yang berlangsung di Stadion Wembley, Kamis (8/3/2018) dini hari WIB. Meski begitu, El Pipita –julukan Higuain– menyebut rapuhnya pertahanan klub-klub Inggris menjadi kesempatan bagi Juventus untuk memenangi pertandingan.

Dalam pertandingan tersebut, The Lilywhites –julukan Tottenham– sedikit lebih unggul dalam hal penguasaan bola, yakni 54% berbanding 46% milik Juventus. Selain itu, Tottenham racikan Mauricio Pochettino juga unggul dalam hal pembuatan peluang, yakni enam tembakan tepat sasaran, berbanding tiga milik Bianconeri –julukan Juventus.

Akan tetapi dari enam shot on target yang dicetak, hanya satu yang berbuah gol. Satu-satunya gol Tottenham dicetak Son Heung-Min di menit 39. Setelah itu, Juventus melihat celah di pertahanan Tottenham, terutama di babak kedua.

Pada menit 64, Higuain membobol gawang Tottenham kawalan Hugo Lloris. Menerima umpan sundulan dari Sami Khedira, Higuain yang tak terkawal tinggal meletakkan bola ke kanan gawang Tottenham. Begitu juga pada gol kedua Juventus yang dicetak Paulo Dybala.

Lewat serangan balik cepat, umpan Higuain diterima Dybala dengan baik. La Joya –julukan Dybala– yang tak terkawal pun sanggup merobek gawang Tottenham untuk kedua kalinya. Dua gol yang dicetak Juventus tersebut dinilai Higuain merupakan bukti bahwa klub-klub Liga Inggris memiliki pertahanan rapuh.

“Laga sulit menghadapi tim seperti Tottenham yang selalu memberikan kemampuan terbaik. Namun, klub-klub Inggris sering meninggalkan lubang di pertahanan dan itu memberikan kami kesempatan. Saya senang atas hasil ini, sebab tak mudah melakukan comeback di Wembley,” kata Higuain mengutip dari Football Italia, Kamis (8/3/2018).

Berkat kemenangan 2-1 di laga dini hari tadi, Juventus pun lolos ke perempatfinal Liga Champions 2017-2018. Hal itu setelah mereka unggul agregat 4-3 atas Tottenham. Sejauh ini sudah ada empat tim yang memastikan tiket ke perempatfinal. Selain Juventus, ada Manchester City, Liverpool dan juara bertahan Real Madrid. Selanjutnya siapa pengisi empat slot lainnya akan ditemukan pada tengah pekan depan. (*)

 

BERITA REKOMENDASI