HW Kota dan Baturetno Wakili DIY di GEAS Nasional

SLEMAN, KRJOGJA.com – Sekolah Sepakbola (SSB) Kelompok Usia 10 Tahun Hisbul Wathan (HW) Kota Yogyakarta dan Baturetno Bantul mewakili DIY di ajang kejuaraan sepakbola usia dini Gerakan Emas Anak Sekolah (GEAS) Nasional, Januari 2019 mendatang. Kedua tim tersebut berhasil melaju ke partai final GEAS Regional DIY Sabtu (29/12/2018) setelah mengalahkan lawan-lawanya. 

Partai final antara HW Kota melawan Baturetno yang berlangsung mulai pukul 10.00 WIB berjalan cukup ketat. Waktu 2 x 15 menit nyatanya tak cukup untuk menentukan pemenang di laga puncak setelah penyelenggaraan tiga hari tersebut. 

HW unggul terlebih dahulu melalui sepakan jarak jauh Hanif di babak pertama. Sementara di akhir babak kedua, Baturetno mampu menyamakan kedudukan sehingga memaksa pertandingan diakhiri dengan adu sepakan penalti. 

Pun begitu di laga penalti, terjadi juga drama seru. Satu pemain dari masing-masing tim sama-sama tak bisa memasukkan bola sehingga membuat wasit memutuskan satu tendangan penentuan. 

Baturetno yang memilih menjadi penendang ternyata gagal menaklukkan kiper HW Kota. Akhirnya, HW Kota Yogyakarta dinyatakan sebagai pemenang dan berhak atas Piala Kepala RSPAU Hardjolukito. 

Meski begitu kedua tim berhak mewakili DIY di ajang nasional di Bogor Januari 2019 mendatang. Sementara sebagai juara tiga bersama ditempati Putra Handayani dan Gunungkidul Footbaal Academy. 

Ketua GEAS Regional DIY Isma Usman, mengaku cukup puas dengan gelaran event pertama tersebut. Ia menilai, dua wakil DIY tersebut nantinya bisa bersaing di kancah GEAS Nasional. 

“Bagi DIY, ini event pertama dan kami berusaha maksimal. Peserta masih kurang sebenarnya karena waktu yang mepet. Namun, untuk U- 10 tahun rata-rata kekuatannya masih berimbang jadi kami tetap optimis bisa bersaing dengan daerah lain,” ungkapnya usai final. 

Sementara Kepala RSPAU Hardjolukito Marsekal Pertama TNI Dr dr Isdwiranto Iskanto MSC SpBS (KSPKP) menyampaikan rasa bangga lantaran menyaksikan sendiri bagaimana bibit unggul di Yogyakarta berlomba. Ia berharap anak-anak muda Yogyakarta bisa terus mengembangkan diri dan akan berkembang membela bangsa Indonesia. 

“Agenda ini akan kami gelar rutin setiap tahun dan melihat anak-anak bisa menunjukkan bakatnya, ini hal luar biasa bagi kami. Harapan kami, kedepan wakil-wakil DIY ini bisa jadi juara di tingkat nasional,” tandasnya. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI