IBF Ajang Promosikan FIBA Asia Cup, 18 Tim Tarung di GOR Among Raga

YOGYA, KRJOGJA.com – Sebagai ajang mempromosikan kejuaraan basket level internasional FIBA Asia Cup yang bakal diadakan di Jakarta Juli 2022 mendatang. Terkait dengan hal itu, panitia IBF bersama Perbasi DIY menggelar Indonesia Basketball Festival (IBF) yang digeber di GOR Among Raga, Yogya, mulai Rabu (11/5/2022) hingga Minggu (15/5/2022).

“IBF kali ini diikuti sebanyak 18 tim terdiri 10 tim putra dan 8 tim putri kelompok usia 19 hingga 22 tahun,” ujar KPH Purbodiningrat SE MBA, selaku Ketum Pengda Perbasi DIY dalam konferensi pers di O Kilometer Coffe and Tea Jalan Pangurakan No 4 Yogya, Selasa (10/5/2022).

Menurut Kanjeng Purbo—panggilan KPH Purbodiningrat, gelaran IBF merupakan sarana untuk road to FIBA Asia Cup 2022. “IBF merupakan wadah bagi para pemain basket usia 19 hingga 22 tahun. Selain festival basket, pada waktu bersamaan panitia penyelenggara dari Perbasi juga memberikan kesempatan bagi UMKM lokal DIY untuk melakukan kegiatan perekonomian selama event IBF ini berlangsung,” sambung KPH Purbodiningrat yang didampingi panitia penyelenggara Ir Andi Hirawan (Perbasi DIY) dan Dave Leopold Marthen (panitia IBF pusat).

Sementara Dave Leopold Marthen menjelaskan, Yogya merupakan kota ketiga yang dipilih IBF, setelah Mimika dan Bali. Setelah dari Yogya, IBF series akan kembali digulirkan di Surabaya dan terakhir Jakarta.

Series IBF yang digelar di lima kota berbeda ini merupakan rangkaian event menyambut penyelenggaraan FIBA Asia Cup 2022 yang bakal bergulir pada 12-24 Juli 2022 di Jakarta. Ajang IBF diharapkan meningkatkan antusiasme masyarakat kepada olahraga bola basket menjelang FIBA Asia Cup 2022, sekaligus kampanye untuk memopulerkan olahraga bola basket di Indonesia.

Meski digelar di Yogyakarta, peserta tidak hanya datang dari tim lokal. Di kelompok putra, ada tim asal Semarang dan Medan akan mengadu peruntungan. Sementara di kelompok putri, tim asal Semarang dan Purworejo juga akan ambilbagian.

BERITA REKOMENDASI