Iker Casillas Resmi Pensiun

PORTO, KRJOGJA.com – Penjaga gawang FC Porto sekaligus legenda Real Madrid, Iker Casillas, resmi pensiun pada akhir musim 2019-2020. Casillas mengakhiri karier panjangnya sebagai pesepakbola pada umur 39 tahun.Alasan Casillas pensiun adalah masalah kesehatan. Sebagaimana diketahui, kondisi kesehatan Casillas menurun sejak mengalami serangan jantung pada pertengahan tahun lalu.

Casillas sempat mengalami serangan jantung saat berlatih bersama Porto. Mantan kapten Madrid itu pun lekas dilarikan ke Rumah Sakit CUF Porto dan sesi latihan dihentikan guna menyelamatkan nyawa Casillas. Tindakan cepat membuat nyawa Casillas selamat dari insiden yang mengerikan tersebut. Setelah itu, sempat tersiar kabar bahwa Casillas pensiun. Kabar pensiunnya Casillas diperkuat dengan pernyataan Presiden Porto, Jorge Nuno Pinto da Costa, pada Februari silam.

Costa menyatakan Casillas pensiun dan sedang mempersiapkan diri untuk mencalonkan diri sebagai Presiden RFEF (Federasi Sepakbola Spanyol). Akan tetapi, Casillas tidak memberikan pernyataan apa pun soal pensiun. Casillas ternyata tetap terdaftar sebagai pemain Porto walaupun tidak bermain hingga akhir musim ini. Meski begitu, pria berpaspor Spanyol itu tetap ikut dalam perayaan gelar juara domestik Porto.

Beberapa hari setelah itu, Casillas baru mengonfirmasi pengunduran dirinya dari dunia sepakbola. Legenda Madrid itu mundur dengan membawa segudang prestasi di level klub maupun internasional. Prestasi terbaik Casillas mungkin adalah membawa Tim Nasional (Timnas) Spanyol menjuarai Piala Eropa (2008 dan 2012) serta Piala Dunia (2010).

Setelah pensiun, Casillas akan tetap berkecimpung di dunia sepakbola. Pria berumur 39 tahun itu tidak akan mencalonkan diri sebagai Presiden RFEF sebagaimana pernyataan Costa. Rencana itu dibatalkan Casillas.

Casillas dikabarkan akan kembali ke Madrid pada musim depan. Marca melaporkan, bahwa Presiden Madrid, Florentino Perez, meminta Casillas untuk kembali ke klub yang sudah membesarkan namanya itu.

Perez disebut akan menjadikan Casillas sebagai penasihat klub. Posisi itu pantas untuk Casillas yang sudah membantu Los Blancos –julukan Madrid– meraih 19 trofi. (*)

BERITA REKOMENDASI