Indonesia Kandas Di Derby Melayu

INDONESIA kembali mampu tampil meyakinkan pada gelaran Piala AFF 2010. Targabung di Grup A bersama Malaysia, Thailand, serta Laos, Merah Putih yang saat itu mengandalkan duet Irfan Bachdim dan Cristian Gonzales, sukses finis di posisi puncak setelah menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan.

Paling berkesan adalah saat Indonesia sukses membalaskan dendam kepada Thailand yang sudah memberikan luka. Indonesia saat itu mampu meraih kemenangan tipis 2-1 melalui dua gol dari Bambang Pamungkas.

Sukses keluar sebagai juara Grup A, Indonesia bertemu Filipina yang menggunakan para pemain naturalisasi. Kendati demikian, Tim Garuda berhasil mengepakan sayapnya ke partai final setelah menang dengan agregat 2-0.

Indonesia kembali bertemu Malaysia di partai final. Sayang kali ini giliran Malaysia yang sukses meraih kemenangan pada partai bertajuk Derby Melayu tersebut.

Dengan mengandalkan Safee Sali di lini depan, Harimau Malaya –julukan Timnas Malaysia– mampu tampil impresif pada leg pertama yang berlangsung di Stadion Bukit Jalil, Malaysia. Hasilnya Malaysia sukses meraih kemenangan dengan skor 3-0.

Sejatinya Indonesia mampu bangkit pada leg kedua yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Kano (SUGBK). Mohammad Nasuha dan Muhammad Ridwan sukses memberikan kemenangan 2-1 utuk Merah Putih.

Sayang kemenangan tersebut tidak membuat Indonesia meraih gelar perdana di ajang Piala AFF. Sebab tim asuhan Alfred Riedl saat itu kalah dengan skor agregat 2-4 dari Malaysia. (*)

BERITA REKOMENDASI