Indonesia Lawan Myanmar di GOR UNY

SLEMAN, KRJOGJA.com – Timnas Futsal Indonesia memulai kiprah di Piala AFF 2018 di GOR UNY Senin (5/11/2018) pukul 14.00 WIB. Myanmar menjadi lawan pertama anak-anak asuh pelatih asal Jepang, Kensuke Takahashi tersebut. 

Kensuke Takahashi sendiri menyampaikan harapan agar masyarakat memberikan dukungan pada Bambang Bayu Saptaji dan kawan-kawan secara langsung di GOR. Menurut dia, dukungan dari masyarakat akan menjadi kekuatan tersendiri yang bahkan bisa menjadi pengubah kondisi di lapangan. 

"Menurut saya futsal adalah olahraga yang sangat berkaitan dengan mentalitas, akan sangat besar pengaruhnya ketika ada dukungan yang kuat dari para suporter. Saya rasa itu akan menjadi kekuatan tambahan bagi para pemain agar Indonesia bisa melaju ke babak selanjutnya," ungkapnya dalam sesi konferensi pers di The Rich Jogja Hotel, Minggu (4/11/2018).

Kensuke yang juga telah melatih timnas di Yogyakarta sejak beberapa bulan terakhir mengaku sudah menentukan sebanyak 16 pemain terbaik hasil seleksi mulai akhir Agustus 2018 lalu.  Sembilan pemain jebolan AFF Futsal 2017 yang saat itu dipimpin pelatih kepala Vic Hermans, dan hanya satu yang merupakan penggawa debutan di timnas yaitu Marvin Alexa dari tim Vamos Mataram. 

"Saya berpikir tim kami terus berkembang. Kami ada pemain muda dan senior, tapi kembali lagi futsal adalah tentang mental, tentang semangat dan kali ini kami memanggil sejumlah pemain yang sudah berpengalaman. Kami berharap ada hal positif yang kami dapatkan nanti,” sambung dia. 

Di laga perdana, Indonesia bakal berhadapan dengan Myanmar yang kini juga mulai menata baik kekuatan di olahraga futsal. Setelah bertahun-tahun berada di bawah bayang-bayang Indonesia, Malaysia dan Vietnam, Myanmar menjadi kekuatan yang patut diwaspadai. 

Setahun lalu di ajang serupa yang digelar di Phu Tho Indoor Stadium, Vietnam, Bayu Saptaji kalah 2-3 dari Myanmar dan dipastikan gagal melaju ke babak semifinal. Pemain-pemain seperti Phyae Phyo Maung dan Nyei Min Soe jauh lebih matang sekarang terlebih Phyae merupakan top scorer di AFF Futsal 2017 lalu. (Fxh)

BERITA REKOMENDASI