Indonesia Pecundangi Filipina 3-1

SLEMAN (KRjogja.com) – Timnas Indonesia U-19 berhasil mengalahkan tamunya, Filipina U-19 dalam pertandingan persahabatan inernasional di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Anak asuh Eduard Tjong menang dengan skor meyakinkan 3-1. Gol timas dicetak oleh Dimas Drajat menit ke-22, Sandi Pratama menit ke-58 dan Edo Febriansyah pada menit 90+2.  Permainan anak asuh Edu Tjong terlihat banyak menyerang mulai awal laga. Dimas Drajat dan Muhammad Rafli menjadi target men dengan dua winger Saddil Ramdani dan Sandi Pratama beroperasi di kedua sisi sayap.  Beberapa peluang tercipta dari kaki Dimas Drajat dan Muhammad Rafli lepas 10 menit pertandingan dimulai. Namun sayang penampilan cemerlang kiper Filipina Michael Asong mampu mementahkan bola peluang dari pemain-pemain depan timnas.

Kebuntuan akhirnya baru pecah menit ke-35 saat umpan tarik Saddil mampu dikonversi Dimas Drajat dengan sontekan terarah. Papan skor pun berubah 1-0 untuk timnas Indonesia yang juga menjadi skor akhir babak pertama.

Masuk babak kedua Filipina mengganti beberapa pemain seperti Genco Lorenzo Giuseppe untuk menambah daya gedor. Awal babak pertama penguasaan bola lebih banyak dilakukan oleh anak asuhan Dan Padernal tersebut. Timnas sendiri berusaha meraba kembali permainan dan akhirnya menit ke-58 Sandi Pratama mampu memanfaatkan bola mentah hasil tendangan Dimas Drajat yang diblok Asong. Bola yang jatuh tepat di hadapan Sandi tanpa ampun diceploskan ke pojok kiri dan tak mampu dibendung penjaga gawang Filipina tersebut, skor pun berubah 2-0.

Filipina sempat membuka asa setelah Genco mampu mencetak gol tepatnya di menit ke-69. Pemain naturalisasi ini melakukan solorun dari setengah lapangan dan mampu melepaskan plessing ke jala gawang kiper pengganti Satria Tama Hardiyanto. Skor kembali berubah 2-1 masih untuk Indonesia.

Masuk menit ke-75, permainan cenderung melambat bagi keduanya. Tampaknya stamina mulai terkuras dengan permainan cepat selama hampir 70 menit pertandingan.  

Edu berusaha melalukan pergantian untuk menyegarkan permainan seperti saat memasukkan Edo Febriansyah, Ibrahim Sanjaya dan Neyva Alexander Dwaramury. Di akhir laga, Indonesia mampu memperbesar margin melalui sontekan Edo Febriansyah memanfaatkan kesalahan kiper Filipina mengantisipasi tendangan sudut Neyva Alexander. Skor pun berakhir 3-1 untuk kemenangan timnas Indonesia U-19.

Kepada wartawan, pelatih Indonesia Edu Tjong mengaku mulai terkesan dengan semangat dan kepercayaan diri pemain. "Sudah mulai ada percaya diri dan pola permainan, namun masih banyak yang harus dibenahi. Saya apresiasi perjuangan anak-anak sore ini," ungkapnya. (Fxh)

 

BERITA REKOMENDASI